Toyota Merespons Kabar Mobil Militer Maung Pindad Gunakan Mesin Hilux

OTOMOTIVE- 17 Juli 2020 | 05:34:05 WIB | Dubaca : 278
Toyota Merespons Kabar Mobil Militer Maung Pindad Gunakan Mesin Hilux

Mobil militer Maung Pindad memang mencuri perhatian publik setelah Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan Republik Indonesia mencoba langsung performa "Maung," kendaraan taktis 4x4 terbaru milik PT Pindad (Persero) pada minggu, 12 Juli 2020 di Sirkuit Sentul, Bogor.

Melalui IG resminya Prabowo mengatakan, "Kementerian Pertahanan akan terus mendukung upaya peningkatan produksi alutsista dalam negeri, serta mendukung program penelitian dan pengembangan, agar nantinya seluruh hasil produksi dalam negeri dapat mandiri secara utuh." tulisnya.

Seperti diketahui PT Pindad (Persero) siap memproduksi kendaraan taktis (Rantis) terbarunya yang diberi nama Maung.

Beda dengan jajaran line-up sebelumnya, model yang diproduksi perusahaan Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) ini juga akan dipasarkan untuk kalangan sipil.


Seperti diketahui, meski diproduksi sendiri, namun beberapa komponen yang digunakan belum sepenuhnya berstatus "made in" Pindad.

Terutama untuk mesin dan sasis yang ternyata masih menggunakan Toyota Hilux. Lantas, bagaimana respon Toyota Astra Motor (TAM) menanggapi bila mesin kendaraan niaganya dikanibalisasi untuk mobil Rantis. Apalagi bakal dipasarkan secara massal pula.

Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan pengecekan terkait informasi tersebut. Namun bila memang hal tersebut untuk mendukung pemerintah, maka Toyota akan mempelajarinya lebih lanjut. (dn)