Penolakan RUU HIP Banjir Dukungan, Jazuli: Bukti Tanggung Jawab Bersama Jaga Pancasila

LIPUTAN KHUSUS- 15 Juni 2020 | 07:02:56 WIB | Dubaca : 467
Penolakan RUU HIP Banjir Dukungan, Jazuli: Bukti Tanggung Jawab Bersama Jaga Pancasila

Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini mengapresiasi respon publik, fraksi-fraksi DPR, kalangan purnawirawan TNI, bahkan pemerintah yang sangat hati-hati dan cermat atas usul inisiatif RUU Haluan Ideologi Pancasil (RUU HIP) yang belum lama ini diputuskan menjadi RUU Usul Inisiatif DPR.

Ini membuktikan tanggung jawab bersama untuk menjaga Pancasila.

"Kami di PKS berbesar hati, mendukung penuh dan mengapresiasi respon masyarakat dan kalangan ormas, seperti NU, Muhammadiyah, hingga MUI yang memberi respon kritis dan konstruktif atau RUU HIP yang sejalan dengan sikap dan pandangan politik Fraksi PKS," ungkap Jazuli dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 14 Juni 2020.

Bahkan, Pemerintah melalui pernyataan Menkopolhukam Mahfud MD, juga menekankan jika saatnya tiba terlibat dalam pembahasan, pemerintah akan mengusulkan TAP MPRS XXV/1966 untuk dimasukkan serta tidak setuju rumusan pasal tentang Pancasila diperas menjadi trisila dan ekasila.

"Ini pertanda bahwa upaya mengokohkan Pancasila dan menjaga nilai-nilainya agar tetap murni dan konsekuen menjadi perhatian, kepedulian, dan tanggung jawab kita bersama. Sehingga ketika ada arah yang salah kita kritisi dan benarkan secara bersama-sama," tandas Jazuli.

Sejak awal, kata Jazuli PKS tegas meminta dicantumkannya TAP MPRS XXV/1966 tentang pelarangan PKI serta ajaran komunisme, marxisme dan leninisme. (tw)