Marhaban Ya Ramadhan, Keutamaan Bulan Suci Penuh Berkah

GAYAHIDUP- 24 April 2020 | 05:12:07 WIB | Dubaca : 194
Marhaban Ya Ramadhan, Keutamaan Bulan Suci Penuh Berkah

Meskipun di tengah pandemi virus corona Covid-19, umat Islam bersuka cita menyambut bulan suci Ramadhan. Bulan yang dipercaya sebagai bulan yang suci dan penuh berkah bagi umat muslim.

Umat Islam berharap dengan datangnya bulan Ramadhan ini menjadi berkah dan doa supaya wabah virus corona ini segera berakhir.

Kondisi jiwa dan raga perlu disiapkan sebaik mungkin. Kita harus menyambutnya dengan keceriaan wajah karena berjumpa dengan bulan suci Ramadhan. Setiap amalan dan ibadah dalam bulan suci ini akan dilipatgandakan pahalanya.

Selain menahan lapar dan minum serta hal-hal lain yang membatalkannya, bulan suci Ramadhan juga memiliki banyak keutamaan.

Berikut keutamaan bulan Ramadhan yang telah Dream rangkum dari berbagai referensi.

1. Ramadhan Bulan Diturunkannya Kitab Suci Al-Quran

Seperti firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 185 yang artinya:

"Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang bathil). Karena itu, barang siapa di antara mereka yang menyaksikan (berada) di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa) maka wajib menggantinya sebanyak hari yang ditinggalkan itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu agar kamu sekalian bersyukur."

2. Bulan Dibukanya Pintu Surga dan Ditutupnya Pintu Neraka

Tuhan menutup pintu neraka di saat bulan suci Ramadhan. Dan Dia membuka lebar pintu surga bagi siapapun yang ingin memasukinya.

Hal ini dibuktikan dari hadis Rasulullah SAW., dari Abu Hurairah yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari tentang keutamaan bulan Ramadhan, bulan suci yang penuh berkah.

Ustad Zaenal Karomi dalam tulisannya di laman Tebuireng mengatakan, hadis ini jelas tertulis dalam Kitab Shahih Bukhari juz 3 halaman 32, yang artinya:

"Apabila datang bulan Ramadhan maka pintu-pintu surge dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan yang jahat dibelenggu." (HR. Bukhari)

Selain itu, juga terdapat hadis lain yang juga diceritakan oleh Abu Hurairah yang dijelaskan dalam kitab Sunan at Turmudzi halaman 682, yang artinya:

"Diceritakan dari Abu Hurairah, bahwa Rasaulullah SAW., bersabbda: ‘Apabila datang awal malam hari di bulan Ramadhan, setan-setan dan jin-jin yang sangat jahat dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup tidak ada satu pintupun yang terbuka, sedangkan pintu-pintu surge dibuka tidak ada satu pintupun ditutup.’ Dan seorang penyeru menyerukan, ‘ Wahai orang-orang yang menginginkan kejelekan, tahanlah. Dan Allah memiliki orang-orang yang dibebaskan dari neraka, yang demikian itu yang terjadi setiap malam." (HR. Turmudzi). (utw)