Pemerintahan Jokowi Ngemis ke Rakyatnya untuk Berdonasi Hadapi Covid-19

LIPUTAN KHUSUS- 26 Maret 2020 | 17:41:18 WIB | Dubaca : 225
Pemerintahan Jokowi Ngemis ke Rakyatnya untuk Berdonasi Hadapi Covid-19

Pemerintahan Jokowi ngemis dan minta kepada rakyatnya dengan berencana akan membuka rekening khusus untuk menampung donasi dari pelaku usaha guna membantu penanganan virus corona atau Covid-19 di Indonesia. Nantinya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai gugus tugas yang akan mengelola rekening tersebut.

"Pemerintah akan membuka account khusus di BNPB bagi masyarakat, dunia usaha yang ingin menyumbangkan. Ini akan diumumkan oleh Ditjen Perbendaharaan sebagai account masyarakat yang ingin membantu dan langsung dikelola BNPB," ujar Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, seperti ditulis Rabu (25/3).

Bendahara Negara ini menambahkan dari segi anggaran, pemerintah sebetulnya siap untuk mendukung proses percepatan penanganan pandemik virus corona di dalam negeri. Namun opsi ini dibuka, untuk membantu meringankan beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pemerintah.

Salah satu upaya pemerintah dari sisi anggaran ialah menanggung seluruh biaya perawatan pasien terjangkit virus corona. Pendanaan pasien diambil dari APBN 2020 atau APBD.

"Karena pandemik covid-19 tidak masuk dalam hal yang bisa dicover BPJS dari sisi iuran," ujarnya.

Dalam kondisi seperti ini, Pemerintahlah yang seharusnya mensubsidi kepada rakyatnya yang lebih membutuhkan kebutuhan dalam menghadapi wabah virus Covid-19, Shame on You Rezim Jokowi. (tw)