Website Pemantauan Corona Pemprov DKI Diserang Hacker, Apakah Ulah Buzzer Istana?

TEKNOLOGI- 13 Maret 2020 | 09:46:36 WIB | Dubaca : 220
Website Pemantauan Corona Pemprov DKI Diserang Hacker, Apakah Ulah Buzzer Istana?

Pemprov DKI Jakarta memiliki situs khusus untuk memantau perkembangan penyebaran dan penanganan corona di Jakarta, yakni corona.jakarta.go.id.

Namun, situs ini mulai diserang oleh orang tak bertanggung jawab. Pemprov DKI Jakarta secara resmi mengumumkan adanya serangan itu melalui akun twitter resmi mereka @DKIJakarta, Kamis (12/3).
"Mohon maaf, situs corona.jakarta.go.id sedang sulit diakses karena mendapat serangan DDoS. Saat ini sedang ditangani tim Kominfotik DKI," tulis akun twitter @DKIJakarta, Kamis (12/3).

Informasi soal serangan ke situs pemantauan corona di Jakarta diunggah pada pukul 18.03 WIB. Baru 7 menit diunggah, twit itu sudah dikomentari oleh 5 orang, diretweet 20 orang, dan di-like 20 kali.
Serangan DDoS adalah salah satu jenis serangan Denial of Service (DoS), yang menyerang komputer atau server dengan cara menghabiskan sumber daya (resource) yang dimiliki oleh komputer atau server sehingga komputer dan server tidak dapat berfungsi dengan semestinya.

Bedanya dengan DoS, DDoS melancarkan serangan ini dengan menggunakan banyak host penyerang (kadang disebut zombie bot), untuk menyerang satu host target dalam sebuah jaringan. Apakah ini ulah para Buzzer Istana? (utw)