Para Pemain di Mega Proyek IKN

HIBURAN- 10 Maret 2020 | 08:03:11 WIB | Dubaca : 208
Para Pemain di Mega Proyek IKN

Para pemain di mega proyek Ibu Kota Negara (IKN) bukanlah masyarakat (adat), tetapi para elit pemilik konsesi yang lagi wefie dengan Presiden @jokowi, mulai dari taipan dan pengemplang pajak macam Sukanto Tanoto hingga Hashim Djojohadikusumo, bahkan Rheza Herwindo, putra Setya Novanto.

Sisanya, operasi Luhut dengan Masayoshi Son dari Jepang, Pelobi mantan penjahat perang macam Tony Blair hingga Pangeran Abu Dhabi yg namanya terseret kasus korupsi 1MDB dalam korupsi Najib Tun Razak, Perdana menteri Malaysia.

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Alue Dohong, meminta masyarakat adat dayak mendukung program pemerintah di sektor lingkungan hidup dan kehutanan. Salah satunya dengan mendukung pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur.

"Pemindahan (ibu kota negara) ini akan dilakukan dengan proses yang inklusif, melibatkan semua pihak, termasuk didalamnya Masyarakat Adat Dayak," kata Alue, yang juga putra Dayak ini, dalam keterangan di Jakarta, Ahad, 2 Februari 2020.

Janji ini disampaikan Alue dalam acara silaturahmi Dewan Adat Dayak di Samarinda, Kalimantan Timur. Dalam pertemuan ini, Alue juga memberikan jaminan tidak ada penggusuran terhadap masyarakat Dayat dalam proses pemindahan ini.

Orang-orang dan lembaga bermasalah inilah yg akan menikmati mega proyek ini, bukan masyarakat (adat), Waspadalah. (yd)