Makanan yang Disunahkan Rasulullah SAW untuk Diet

GAYAHIDUP- 14 Februari 2020 | 06:56:08 WIB | Dubaca : 127
Makanan yang Disunahkan Rasulullah SAW untuk Diet

Islam adalah agama yang mengatur tata cara hidup umatnya, termasuk dalam adab makan. Rasulullah SAW sudah mencontohkan adab saat makan dalam hidupnya.

Rasulullah SAW juga meminta umatnya untuk tidak makan berlebih-lebihan karena membahayakan kesehatan. Bagi Anda yang sedang menjalani diet, ada beberapa makanan yang disunahkan yang disebutkan dalam Alquran, bahkan dikonsumsi oleh Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-harinya. Simak ya apa saja?

1. Kurma

Makanan ini mungkin sudah tak asing lagi di telinga. Kurma yang biasa dikonsumsi saat bulan Ramadhan ini memiliki kandungan lemak yang rendah sehingga aman dikonsumsi kala diet.

Selain itu, kurma juga mengandung vitamin A, kalium, kalsium, juga bebas kolesterol. Rasulullah SAW dan para sahabat mengonsumsi kurma dalam jumlah ganjil, Anda disunnahkan untuk menirunya.

2. Madu

Saat diet Anda harus menghindari konsumsi gula. Oleh karena itu Anda bisa menggantikannya dengan madu.

"Madu adalah obat untuk setiap penyakit dan Alquran adalah obat untuk semua penyakit pikiran." (HR.Bukhari).

Sebagai sumber energi, madu sunnah ini membantu memperkuat perut, membantu pencernaan, menghilangkan dahak dan bahkan mengurangi kelelahan otot. Madu juga digunakan untuk mengobati luka, luka bakar ringan dan dikenal baik untuk kulit Anda.

3. Buah Ara

Buah Ara bisa dimakan baik segar maupun kering. Buah ara memiliki banyak manfaat kesehatan dan merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik seperti zat besi.

Seperti dilansir dari Halal Zilla, buah ara bisa menjadi sumber serat yang baik, buah ara juga membantu meringankan sembelit dan membantu Anda merasa kenyang sehingga cocok untuk diet. Buah ara juga merupakan obat yang baik untuk gangguan perut. (ut)