Lepas 22 Mobil Operasi Pasar, Gubernur DKI Jakarta Anies: Harga Stabil, Keluarga Bahagia

EKONOMI- 10 Februari 2020 | 05:54:35 WIB | Dubaca : 168
Lepas 22 Mobil Operasi Pasar, Gubernur DKI Jakarta Anies: Harga Stabil, Keluarga Bahagia

Operasi pasar cabai dan bawang putih secara resmi dimulai oleh Kementerian Pertanian (Kementan) menggandeng sejumlah BUMD dengan sasaran 22 pasar tradisional di Jakarta, Minggu (9/2/2020). Sebanyak 22 unit mobil operasi pasar diluncurkan di Toko Tani Indonesia Centre Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan untuk memenuhi kebutuhan sembako masyarakat, menekan laju inflasi, dan mengendalikan kenaikan harga.

Gubernur Jakarta, Anies Baswedan yang ikut melepas 22 unit mobil operasi pasar mengatakan hal tersebut sebagai bentuk intervensi pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk menstabilkan harga. Mobil operasi pasar yang diluncurkan membawa 500 kilogram bawang putih dan 250 kilogram cabai dengan harga terjangkau, yakni bawang putih seharga Rp30.000 per kilogram serta cabai rawit merah seharga Rp35.000 per kilogram.

"Semoga dengan operasi ini harga di Jakarta menjadi lebih stabil," kata Anies.

Anies mengatakan kekhawatiran akan inflasi dan kenaikan harga sembako muncul karena Jakarta memiliki ketergantungan pasokan pangan dari wilayah luar. Sementara harga di Jakarta memiliki implikasi nasional. Menurutnya operasi pasar untuk menstabilkan harga semabko ini bentuk kehadiran negara untuk membantu masyarakat.

Dia berharap operasi pasar ini tak hanya menjangkau 22 pasar, tetapi ke seluruh pasar-pasartradisional di Jakarta. Anies juga berharap operasi pasar ini tepat sasaran untuk menstabilkan tingginya harga, terutama untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah dan usaha mikro kecil dan menengah (UMK) bidang kuliner.

"Jadi tujuan paling akhir adalah membuat keluarga di Jakarta merasakan ketenangan dan kesejahteraan karena harga kebutuhan pokoknya stabil. Harganya stabil, keluarganya bahagia," ujarnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu berharap operasi pasar dilanjutkan jika terbukti berhasil menstabilkan harga sembako. Dia mengatakan Kementan bisa kolaborasi dengan Food Station untuk rutin operasi di 88 pasar di Jakarta.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Pertahanan Pangan Kementan, Agung Hendriadi memaparkan, operasi pasar yang dilaksanakan untuk mengendalikan harga bawang putih dan cabai yang akhir-akhir ini harganya meningkat di Jakarta. Dia mengklaim sebanyak 20 ton bawang putih dan cabai didistribusikan ke 22 pasar di Jakarta.

"Laporan dari food station 20 ton bawang putih dan cabai kami guyur ke pasar dengan harga Rp30 ribu. Itu jauh di bawah harga yang berlaku sekarang," katanya.

Pasar yang menjadi target operasi adalah Pasar Tomang Barat, Pasar Kramat Jati, Pasar Tanah Abang, Pasar Jatinegara, Pasar Kebayoran Lama, Pasar Klender SS, Pasar Senen, Pasar Anyer Bahari, Pasar Glodok, Pasar Johar Baru, Pasar Tebet Barat, Pasar Pondok Labu, Pasar Koja Baru, Pasar Gondangdia, Pasar Mampang Prapatan, Pasar Petojo Ilir, Pasar Kelapa Gading, Pasar Cijantung, Pasar Pulogadung, Pasar Palmerah, Pasar Metro Atom, dan Pasar Minggu. (ut)