Smartphone Android dan iPhone yang Tak Bisa Gunakan Aplikasi WhatsApp Lagi di 2020

TEKNOLOGI- 23 Desember 2019 | 08:11:58 WIB | Dubaca : 200
Smartphone Android dan iPhone yang Tak Bisa Gunakan Aplikasi WhatsApp Lagi di 2020

Menjelang akhir 2019, WhatsApp membuat keputusan yang sulit untuk tidak lagi mendukung beberapa perangkat smartphone pada 2020. Keputusan tersebut dikabarkan akan berdampak pada jutaan penggun

WhatsApp mengklaim saat ini ada 1,5 miliar pengguna platform mereka di berbagai negara, termasuk Indonesia. Keputusan untuk tidak lagi mendukung smartphone Android dan iOS lawas, serta Windows Phone, diprediksi akan mempengaruhi jumlah penggunanya.
Dari situs resminya, WhatsApp memberikan pengumuman bahwa mulai tanggal 31 Desember 2019, pengguna Windows Phone dengan semua versi OS-nya tidak akan lagi dapat menggunakan WhatsApp.

Sebelumnya, Microsoft pun sudah pernah mengimbau para pengguna Windows Phone untuk beralih ke Android atau iOS, karena mereka sudah tidak mengeluarkan pembaruan keamanan lagi untuk sistem operasi tersebut.

Setelah Windows Phone, WhatsApp juga telah memastikan mulai tanggal 1 Februari 2020, pengguna iPhone dengan sistem iOS 8 atau lebih tua tidak akan lagi dapat menggunakan aplikasi WhatsApp.

Kemudian, di tanggal yang sama, sistem Android Gingerbread versi 2.3.7 atau yang lebih lama tidak akan lagi didukung oleh WhatsApp. Untuk sistem operasi Android Gingerbread memang tergolong lawas, karena dirilis pada tahun 2010. Sementara itu, iOS 8 diperkenalkan pertama kali pada tahun 2014.

Untuk smartphone yang masih menggunakan sistem Windows Phone, iOS 8, dan Android Gingerbread 2.3.7, disarankan untuk memperbarui ke sistem yang terbaru. Dalam situsnya, WhatsApp menyatakan bagi pengguna ketiga sistem operasi lawas itu tidak akan bisa membuat akun baru atau memverifikasi ulang akun.

WhatsApp beralasan dengan menghentikan dukungan untuk smartphone lawas, bisa fokus untuk mengembangkan fitur-fitur terbaru yang bisa diaplikasikan di sistem operasi yang sekarang banyak digunakan orang.

Bagi WhatsApp, meluncurkan fitur dan pembaruan ke perangkat lama atau usang akan menghambat aplikasinya untuk berkembang. Inilah sebabnya mengapa WhatsApp telah secara aktif menghentikan dukungan untuk perangkat yang lebih tua dan sistem operasi selama bertahun-tahun.

Bagi pengguna WhatsApp di perangkat lawas yang ingin berpindah, cukup instal WhatsApp dan verifikasi nomor telepon di perangkat baru. Perlu diingat, WhatsApp hanya dapat diaktifkan dengan satu nomor telepon pada satu perangkat dalam satu waktu. (dn)