Pemprov Kalteng Mendukung Pengembangkan Potensi Wisata Sukamara

MEGAPOLITAN- 28 November 2019 | 18:56:19 WIB | Dubaca : 136
Pemprov Kalteng Mendukung Pengembangkan Potensi Wisata Sukamara

Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran melirik potensi pariwisata di Kabupaten Sukamara. Untuk mendukung potensi itu, pemerintah daerah terus membuka aksen jalan menuju Sukamara. Jika ruas jalan sudah memadai, maka kunjungan wisatawan akan terus meningkat.

Hal itu disampaikan Gubernur Sugianto Sabran saat kunjungan kerja (kunker) ke Sukamara, Jumat (4/10). Ketika berada di Sukamara, Sugianto mengatakan, saat ini pemerintah sedang membangun konektivitas jalan penghubung antarkabupaten dan provinsi. Diantaranya jalan Pangkalan Bun-Kolam yang dijadwalkan rampung akhir 2019. Diharapkan bisa berdampak menjadi pintu masuk wisatawan ke Sukamara.

"Saya sudah membahas masalah pariwisata ini bersama Pemkab Sukamara. Harapan kami dengan akses jalan kian terhubung antara satu daerah dengan lainnya bisa membawa banyak manfaat bagi daerah, khususnya Kabupaten Sukamara," kata Gubernur Sugianto Sabran di sela-sela kunjungannya di Sukamara.

Menurut gubernur, saat ini pembangunan infrastruktur jalan Pangkalan Bun-Kolam sudah mencapai 80 persen. Targetnya akan diresmikan pada Januari 2020.

Selain itu ada pembangunan jalan penghubung berupa Jembatan Jelai yang akan melintasi Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalbar dan Kabupaten Sukamara, Provinsi Kalteng. Jembatan ini akan dibangun Pemprov Kalbar mulai tahun depan. Dengan demikian pembangunan infrastruktur penghubung nantinya diharapkan bisa membantu percepatan pertumbuhan ekonomi baru di Sukamara. Salah satunya adalah sektor pariwisata.

"Sehingga ke depan, masyarakat kabupaten tetangga seperti di Kotawaringin Barat tidak melulu mengunjungi wisata pesisir pantai seperti Kubu dan lainnya. Tapi bisa juga berwisata pantai ke Sukamara, seperti kawasan Pantai Lunci," tegasnya.

Gubernur mengaku, pemerintah akan terus manggali potensi pariwisata yang ada di kabupaten yang berjuluk Bumi Gawi Barinjam tersebut. Selain itu, pemprov akan membantu pengembangan pariwisata di Sukamara yang terkenal akan garis pantainya yang cukup luas.

Dalam kunjungannya ke Sukamara kali ini, Gubernur Sugianto Sabran juga menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat. Diantaranya bantuan sosial non-tunai Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2019 untuk 941 keluarga penerima manfaat (KPM) dengan total bantuan Rp 760 juta serta bantuan sosial lainnya.

Sementara Wakil Bupati Sukamara Ahmadi menyambut baik keinginan gubernur untuk memajukan pariwisata di Sukamara. Terlebih kabupaten itu memiliki banyak potensi alam. Salah satu kawasan pesisir pantai yang saat ini terus ditingkatkan akses penunjangnya. (ut)