Pemprov Riau Tolak Bantuan Gubernur DKI Jakarta Untuk Atasi Asap Karhutla, Ini Jawaban Bijak Anies

MEGAPOLITAN- 20 September 2019 | 06:34:01 WIB | Dubaca : 143
Pemprov Riau Tolak Bantuan Gubernur DKI Jakarta Untuk Atasi Asap Karhutla, Ini Jawaban Bijak Anies

Sebelumnya Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger mengatakan, pihaknya tidak membutuhkan bantuan personel pemadam dari Pemprov DKI Jakarta, karena petugas pemadam karhutla di Riau masih mencukupi.

Kemudian Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menanggapi persoalan penolakan bantuan dari Pemprov DKI Jakarta oleh Pemprov Riau untuk memadamkan api akibat terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan Sangat Bijak

"Kami bersyukur kalau masalah api sudah selesai. Karena memang tujuan kita adalah membantu memadamkan api dan mengendalikan dampak-dampak dari pada asap," kata Anies, Rabu, 18 September 2019.

Anies menegaskan jika tim yang diberangkatkan ke daerah yang dilanda karhutla telah koordinasi bersama BNPB. Penempatan tim tersebut juga mengikuti arahan Kemendagri dan BNPB.

"Kami itu mengirimkan orang bukan kepada pemerintah provinsi. Kami mengirimkan kepada BNPB. Jadi ke mananya yang menentukan adalah BNPB," jelas Anies.

Tak hanya itu, Anies juga telah menerima informasi timnya dikirimkan ke Kalimantan Tengah. Kemendagri, lanjut Anies, merupakan pihak yang mengarahkan satgas tersebut bekerja di mana.

"Tadi informasinya malah diarahkan ke Kalimantan Tengah. Karena di sana kondisinya sedang berat. Yang mengarahkan adalah Kementerian Dalam Negeri," jelas Anies.

Lebih lanjut, Anies mengaku menerima permintaan dari Jambi. Terkait anggapan tidak berkoordinasi dengan Riau, Anies menegaskan timnya telah berkoordinasi dengan Kemendagri.

"Kami kan nggak kirimkan ke sana (Riau). Kita kirimnya ke pemerintah pusat. Nanti pemerintah pusat yang kirim ke sana. Jadi memang koordinasinya dengan Kemendagri," tutup Anies.

Hal itu juga mendapat tanggapan dari ketua DPD RI Fahira Idris, Sangat disayangkan. Kenapa Pemprov Riau Tolak 65 Personel Bantuan dari Bapak @aniesbaswedan Padamkan Karhutla? Bukankah kita terbiasa saling gotong royong, saling bantu saat ada saudara kita yg berduka?? Ada Apa Dg Riau

Bila ternyata di kemudian hari butuh bantuan, bilang aja ya.. Gak usah segan/gengsi, Pak aniesbaswedan pasti akan bantu dengan senang hati," ucapnya,

Kata Fahira, "Allah tidak menyukai orang-orang yang menolak rezeki bahkan sampai mengingkarinya. Allah sudah memberikan rezeki namun ditolak, bukankah ini sama saja menyepelekan rezeki yang diberikan oleh Allah SWT. Maka hendaklah kita menjauhkan diri dari sifat sombong dalam Islam,". (dn)