Sambut World Cleanup Day 2019, LIONS CLUB Wujudkan Aksi Bersih-Bersih di Lima Wilayah DKI Jakarta

LIPUTAN KHUSUS- 20 September 2019 | 06:05:25 WIB | Dubaca : 206
Sambut World Cleanup Day 2019, LIONS CLUB Wujudkan Aksi Bersih-Bersih di Lima Wilayah DKI Jakarta

Dalam menyambut aksi bersih-bersih bersama terbesar di dunia (World cleanup Day) 2019, LIONS CLUB ikut peduli dengan mengadakan aksi bersih-bersih lingkungan dengan menerjunkan sebanyak sekitar 10.000 relawan yang disebar di 33 propinsi seluruh Indonesia, yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 September 2019.

LIONS CLUB sendiri adalah organisasi Internasional yang bergerak dalam pengabdian atau pelayanan masyarakat. Didirikan di Amerika Serikat pada sejak 102 Tahun yang lalu. Lions Club hadir di Indonesia mengabdi dan melayani masyarakat sejak 50 tahun lalu tepatnya tahun1969. Salah satu program Lions Club adalah pelestarian lingkungan hidup.

Ketua Panitia WCD Wilayah Jakarta Liana Trisnawati, menjelaskan Ini merupakan tahun ke tiga Lions Club mendukung WCD. Dalam kegiatannya, WCD di seluruh dunia diperingati pada hari yang sama dengan mengikuti waktu dari 158 Negara yang memperingati.

"Di Indonesia, diikuti oleh 33 provinsi di seluruh Indonesia termasuk DKI Jakarta, dan disetiap provinsi tersebut dihadiri oleh Gubernurnya. Kami berharap pada puncak acara tanggal 21 September 2019 nanti, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beserta istri akan turut hadir dalam peringatan WCD di Jakarta serta Sylviana Murni, dimana puncak upacaranya diselenggarakan di taman wisata alam Angke Kapuk Jakut," terang Liana Trisnawati kepada awak media di Jakarta, (19/9).

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Distrik Lions Club Sari Pitaloka, mengatakan pihaknya dalam kegiatannya selama ini focus pada penanaman pohon. Hal tersebut menjadi rutinitas dalam kegaiatan Lions Club beberapa waktu ke belakang.

"Justru tahun ini kami mulai bergeser ke kesadaran masyarakat tentang bagaimana pentingnya memahami jenis-jenis sampah dan memahami bagaimana caranya memilah-milah sampah. Kami ingin mengedukasi dan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk pintar bagaiamana caranya sampah itu dipilah-pilah dan diolah kembali dan salah satu kewajiban kami mulai mengurangi plastic," katanya.

"Kami Lions Club bersama dengan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk dan Unilever akan berpartisipasi sebagai Host di 5 wilayah di DKI JAKARTA (Utara,Pusat, Selatan,Timur dan Barat)," ungkap Ketua komite pelestarian lingkungan, Liana Trisnawati.

Dalam aksi yang diterjunkan sebanyak 10 ribu relawan tersebut, terdiri dari anggota Lions Club, Leo Club, dukungan dari Pemprov DKI Jakarta, Gerakan Pramuka Kwarda DKI Jakarta, Dinas Lingkungan, Dinas Kebersihan dan masyarakat di DKI Jakarta.

"Kami juga mengundang seluruh masyarakat di DKI Jakarta, untuk bergabung bersama melakukan bersih-bersih Bersama pada hari Sabtu, 19 September," ujar Liana yang juga sebagai ketua Panitia WCD Wilayah Jakarta.

Menurut dia, bentuk dari Aksi Bersih-Bersih Bersama adalah memungut sampah dan memilah sesuai dengan katagori yang telah ditetapkan, dikumpulkan, ditimbang, Hasil Clean-up plastik yang dikumpulkan akan dikirim ke Bank Sampah untuk dipilah lagi dan didaur ulang agar menghasilkan zero waste. Pada kegiatan World Cleanup Day tahun 2018 telah terkumpul sebanyak 14.876.803 kg sampah.

Adapun 5 lokasi untuk Aksi Bersih Bersih ini, kata Liana, dengan titik kumpul yaitu di Mall Taman Palem untuk Jakarta Barat, Red Planet Hotel Pasar Baru untuk Jakarta Pusat, Kantor Kecamatan Pulogadung untuk Jakarta Timur, Kantor Kecamatan Mampang Prapatan untuk Jakarta Selatan dan sebagai pusat kegiatan Aksi ini akan dilaksanakan di Taman Wisata Alam Mangrove Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

“Kami menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi tinginya kepada Pemprov DKI Jakarta, Pemerintah di 5 (lima) wilayah DKI Jakarta, Dinas Lingkungan dan Dinas Kebersihan yang telah mendukung kegiatan ini serta peran serta dan dukungan dari PT. Chandra Asri yang selalu menjadi mitra program peduli lingkungan Lions Club dan tentunya PT. Unilever Indonesia," papar Liana.

"Semoga melalui kegiatan ini dapat membantu mewujudkan program pemerintah terhadap lingkungan khususnya Pemprov DKI Jakarta dan berjalan lancar," tambahnya. (utw)