Warga Desa Boyolali Akui Mobil Esemka dari Cina Diangkut Pakai Kontainer Malam Hari ke Pabrik

HIBURAN- 11 September 2019 | 07:13:09 WIB | Dubaca : 197
Warga Desa Boyolali Akui Mobil Esemka dari Cina Diangkut Pakai Kontainer Malam Hari ke Pabrik

Pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) pada Jumat (6/9/2019) di Boyolali kemarin telah diresmikan Joko Widodo (Jokowi). Ada dua varian mobil Esemka berjenis pikap yang diluncurkan yakni, Esemka Bima 1.2 dan Esemka Bima 1.3.

Jokowi juga terlihat menjajal mobil pikap tersebut dan dengan bangganya dipamerkan di medsosnya.

Hingga kini, mobil Esemka menjadi perbincangan publik, bukan karena kualitasnya, tapi karena adanya keganjilan dari unit ini.

Untuk diketahui, Pabrik Esemka di Boyolali sudah ada sejak Oktober tahun lalu. PT. Solo Manufaktur Kreasi yang disebut-sebut memproduksi mobil Esemka tersebut berlokasi di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali, Jawa Tengah.

Banyak media yang menyoroti pabrik itu, bahkan unit-unit pikap-nya juga pernah diunggah di medsos.

Dikutip dari laman tempo.co, salah seorang warga di dekat pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi mengungkapkan bahwa unit-unit pikap datang ke pabrik dalam bentuk mobil yang sudah jadi.

Warga mengetahui melihat iring-iringan truk kontainer mengangkut mobil-mobil pikap yang sudah jadi pada malam hari datang ke pabrik tersebut. "Lewat depan rumah, malam hari, diangkut truk kontainer," kata Heri Listanto yang juga merupakan sekretaris desa Demangan di Boyolali kepada para wartawan di kantor desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali, Senin (22/10/2018) lalu.

Yang jadi pertanyaan juga adalah, mengapa logo Esemka seperti gambar 3 cebong?

"Menperin Akui Esemka Mirip Karena Ada Kerja Sama Pabrik China
Ilustrasi mobil Esemka"

Dan akhirnya Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menanggapi komentar yang menyebut Mobil Esemka yang diberi nama Bhima memiliki kemiripan dengan produk China, Changan Star Truck. Ia tidak menampik terdapat kerja sama antara Esemka dengan pabrikan tersebut.

"Ya pasti, antara pabrikan itu punya kerja sama seperti dulu Proton pernah kerja sama dengan Suzuki Indonesia, sehingga impor completely knock down (CKD) dari Indonesia," katanya, Selasa (10/9).

Lalu mengapa Jokowi harus membohongi rakyat Indonesia bahwa Esemka dirakit oleh anak bangsa? (yd)