Pesan Khusus BJ Habibie untuk Kemajuan Teknologi Indonesia

TEKNOLOGI- 09 September 2019 | 07:06:09 WIB | Dubaca : 140
Pesan Khusus BJ Habibie untuk Kemajuan Teknologi Indonesia

Bacharuddin Jusuf Habibie atau biasa disapa BJ Habibie tidak hanya dikenal sebagai sosok yang cerdas namun juga menginspirasi.

Tidak heran jika Presiden ketiga Republik Indonesia ini dinobatkan sebagai bapak teknologi karena karya-karyanya, khususnya di bidang teknologi. Dia menjadi panutan bagi generasi bangsa.

Habibie menitipkan pesan terkait perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) di Indonesia kepada para petinggi BPPT, LIPI dan LAPAN.

Benarkah Habibie cemas karena masih ada PR yang belum terselesaikan saat dia menjabat sebagai Menristek? Berikut penuturannya.

1. Sosok penggerak kemajuan teknologi Indonesia

Di mata Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza, Habibie merupakan sosok penggerak perkembangan dan kemajuan teknologi Indonesia dan inspirator bagi sumber daya manusia Indonesia untuk menguasai dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).

"Pak Habibie adalah sosok orangtua yang mendidik dan membesarkan saya hingga menjadi Kepala BPPT, generasi penerus beliau yang mendirikan BPPT," ujarnya, Minggu (8/9).

2. Habibie ingin kontribusi inovasi menempati 70 persen dari Produk Domestik Bruto

Selain memotivasi untuk pengembangan iptek dan inovasi, BJ Habibie selalu berpesan kepada perekayasa, ilmuwan dan peneliti, agar menghasilkan dan mendorong seluruh inovasi untuk mampu mengambil porsi terbesar dalam Produk Domestik Bruto (PDB) Negara Indonesia agar Indonesia menjadi negara kuat, mandiri dan maju berbasis iptek.

Bahkan Habibie berharap kontribusi inovasi dapat menempati 70 persen dari Produk Domestik Bruto, sehingga ekonomi Indonesia bisa berbasis inovasi.

Dengan begitu, daya saing bangsa Indonesia meningkat di kancah internasional dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan bangsa, termasuk mendorong terbukanya banyak lapangan kerja dalam negeri dan menurunkan biaya operasional karena negeri sendiri bisa menghasilkan tanpa harus mengimpor.

3. Ini pesan Habibie untuk BPPT

Bagi Hammam Riza, momen penting yang sangat berkesan saat dia melakukan teleconference melalui FaceTime, di mana Hammam berada di BPPT Jakarta, sementara BJ Habibie ada di Jerman setelah Hammam dilantik sebagai Kepala BPPT.

"Pesan beliau dari sejak dulu adalah pembangunan SDM iptek harus selalu menjadi pilar pengembangan BPPT. Itu diulangi dalam setiap kesempatan saya tatap muka," ujarnya. (utw)