Tips Memilih Klinik Kecantikan Terbaik untuk Perawatan Diri

GAYAHIDUP- 08 September 2019 | 09:52:49 WIB | Dubaca : 129
Tips Memilih Klinik Kecantikan Terbaik untuk Perawatan Diri

Dokter yang menangani masalah kulit, mulai dari kesehatan kulit hingga estetika alias kecantikan tidak hanya bisa Anda temukan di rumah sakit. Klinik kecantikan juga bisa jadi pilihan, lho. Oleh karena hanya memiliki sebutan "klinik", beberapa orang mungkin takut melakukan treatment atau berobat di sana. Alasannya beragam, salah satunya menganggap bahwa hasil dan perawatannya tidak akan maksimal, seperti jika dilakukan di rumah sakit.

Namun, sebetulnya tidak perlu takut untuk berobat di klinik kecantikan asalkan Anda mengetahui tips cara memilih dokter dan klinik kecantikan yang tepat untuk perawatan kulit Anda. Nah, yuk coba ikuti tips memilih klinik kecantikan berikut ini.

Perawatan apa yang bisa dilakukan di klinik kecantikan?
Umumnya, masalah jerawat hormonal hingga kulit kering dan kasar bisa diatasi sendiri dengan perawatan wajah seperti krim jerawat atau pelembap. Namun, apabila masalahnya tak kunjung hilang dengan perawatan sendiri di rumah, seseorang biasanya akan mulai mencoba konsultasi ke dokter. Jerawat, bekas jerawat, atau masalah kulit lainnya memang memiliki dampak besar pada rasa nyaman, kepercayaan diri, dan kesehatan mental seseorang. Itu sebabnya klinik kecantikan terkadang dipilih untuk membantu seseorang yang sedang dilanda rasa tidak percaya diri karena kondisi kulit atau wajahnya yang memerlukan perawatan.

Beberapa perawatan yang biasa dilakukan di klinik kecantikan:

1. Chemical peeling

Perawatan ini dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah kulit, seperti kulit kusam, berjerawat, bekas luka, keriput, hingga garis-garis halus di wajah. Prosedur ini dilakukan dengan mengoleskan cairan kimia yang mengandung asam glikolat atau asam trikloroasetat pada kulit. Bahan kimia tersebut berguna mengangkat sel kulit mati sehingga kulit terluar Anda akan mengelupas. Kulit lama yang mengelupas akan digantikan dengan lapisan kulit baru yang lebih muda, lembut, dan cerah.

2. Microneedling

Microneedling akhir-akhir ini menjadi salah satu jenis perawatan wajah yang cukup populer di klinik dermatologi. Terapi ini bertujuan untuk memperbaiki tekstur kulit dengan merangsang produksi kolagen dalam kulit, mengatasi keluhan bopeng bekas jerawat, mengurangi kadar minyak pada kulit, mengecilkan pori-pori, dan mencerahkan kulit.

3. Laser

Perawatan satu ini mungkin sudah tidak asing lagi. Laser sering digunakan untuk meremajakan kulit wajah (mengencangkan, mengecilkan pori, atau mengurangi garis kerutan halus), mengatasi jerawat meradang, menghilangkan flek atau melasma, menghilangkan tato, atau mengatasi tanda lahir. Laser menghilangkan lapisan kulit mati menggunakan sinar.

4. Botoks

Perawatan di dokter kulit lainnya yang masih populer sampai saat ini adalah suntik botoks. Tidak hanya untuk wanita, perawatan satu ini pun banyak digemari oleh kaum pria demi meningkatkan penampilan serta kepercayaan diri mereka.

Botox di dunia kecantikan kulit berguna untuk mengatasi atau mencegah kerutan pada wajah. Bukan hanya itu, botox juga dilakukan untuk mengatasi beberapa kondisi kesehatan lainnya, seperti migrain kronis, hiperhidrosis, mata kedutan, dan mata juling.

Tips memilih klinik kecantikan

Sebelum memutuskan pergi ke klinik kecantikan untuk merawat wajah, berikut adalah hal-hal yang harus Anda pertimbangkan:

1. Periksa rekam jejak klinik
Setiap memutuskan berobat ke suatu tempat, penting untuk melihat track record klinik tersebut di internet, BPOM, KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit), atau bahkan mendengar ulasan dari orang sekitar Anda. Biasanya, di dunia maya terdapat banyak forum-forum yang membahas pelayanan atau perawatan mengenai klinik kecantikan. Carilah nama klinik yang Anda inginkan dan hasilnya mungkin akan banyak pasien yang menceritakan pengalamannya berobat di sana.

Selain itu, pastikan klinik mempunyai izin resmi. Klinik yang memiliki banyak cabang juga bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memilih. Bila tidak ada sertifikat yang menandakan bahwa klinik itu resmi dan tepercaya, cobalah untuk mencari klinik lain.

2. Periksa kondisi klinik
Sebelum memilih klinik kecantikan langganan, Anda harus periksa kondisi kliniknya secara detail. Pertama, lihat tampilan luar dan resepsionis terapis. Klinik yang bagus pasti punya standar pelayanan yang baik. Itu bisa dilihat dari cara resepsionis melayani dan menjawab dengan baik semua pertanyaan Anda.

Cobalah untuk cek atau konsultasi sekali dengan dokter dan perhatikan ruang pemeriksaannya. Klinik kecantikan yang bagus umumnya punya ruangan bersih, cahaya yang terang (tidak redup), dan peralatan kecantikan yang memadai. Bila Anda mencoba melakukan treatment ringan seperti facial atau masker, lihat apakah alat yang digunakan cukup lengkap dan steril atau tidak.

3. Cari tahu perawatan yang ingin Anda lakukan
Tidak semua klinik kecantikan punya prosedur perawatan yang lengkap. Umumnya, klinik hanya punya perawatan untuk facial, mikrodermabrasi, chemical peeling, dan botoks. Sedangkan jika Anda ingin melakukan perawatan menghilangkan bekas jerawat Anda butuh prosedur laser. Apabila Anda ingin membentuk rahang atau bahkan mengubah bentuk wajah, pilih klinik kecantikan atau sekalian saja memilih perawatan di rumah sakit dengan peralatan yang memadai.

4. Pastikan setiap perawatan wajah harus sesuai prosedur

chemical peeling adalah : Setelah dirasa sudah mendapatkan klinik yang bagus dan tepercaya, kini saatnya berkonsultasi dan melakukan perawatan kecantikan. Ada baiknya Anda mencari tahu dulu bagaimana tata cara perawatan yang ingin Anda lakukan.

Contoh, bila Anda ingin melakukan treatment microneedling, umumnya Anda harus melakukan beberapa prosedur. Sebelum memulai prosedur, dokter akan melakukan bius lokal di wajah Anda. Setelah itu, dokter akan menggunakan jarum-jarum halus yang ditusukkan ke kulit. Luka-luka kecil pada kulit wajah Anda kemudian akan merangsang produksi dari elastin dan kolagen yang membantu penyembuhan luka dan membuat wajah lebih muda.

Penting untuk menggali informasi sebanyak mungkin tentang prosedur perawatan yang ingin Anda lakukan. Anda juga bisa menanyakan prosedur perawatan saat konsultasi.

5. Jangan tergiur harga murah!
Perawatan kecantikan sekarang seolah sudah menjadi kebutuhan primer bagi tiap wanita. Tak jarang, banyak oknum-oknum nakal yang ingin meraup untung dengan tindakan minim dan berbahaya. Lebih baik, cari tahu dulu harga pasaran perawatan kecantikan yang Anda inginkan. Setelah itu, bandingkan dengan beberapa klinik kecantikan yang Anda minati, barulah Anda boleh mempertimbangkan harga diskon atau harga murah perawatan. (dn)