Jokowi: Kalau Masih Beli Mobil Impor ya Kebangeten, Warganet:Harusnya Mobil Presiden Yah Esemka Saja

HIBURAN- 08 September 2019 | 09:12:43 WIB | Dubaca : 146
Jokowi: Kalau Masih Beli Mobil Impor ya Kebangeten, Warganet:Harusnya Mobil Presiden Yah Esemka Saja

Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pabrik Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) yang berada di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019). Usai mencoba mobil esemka.

Jokowi sendiri tiba di lokasi pabrik sekitar pukul 10.48 WIB dan langsung meninjau proses perakitan mobil Esemka didampingi Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Sekitar 30 menit presiden berada di ruang produksi sebelum akhirnya menuju ruang peresmian dimana para tamu undangan telah menunggu sejak pukul 09.00 WIB.

Dalam sambutannya, Jokowi mengungkapkan, banyak yang bertanya padanya mengapa mau meresmikan pabrik dan mobil Esemka, padahal bukan mobil nasional.

Pada kenyataannya, Esemka bukanlah mobil nasional yang digembar-gemborkan dari awal oleh Jokowi dan dirut Esemka pun mengatakan bahwa itu bukan mobil nasional dan pabrik Esemka hanyalah merakit bodi saja dari cina. Yang jadi pertanyaan warga," apakah itu mobil cina Changan?".

"Kita semuanya harus mendukung, saya tidak akan memaksa anda semua yang ada di sini untuk membeli, tapi, saya sudah lihat semuanya, ya produksinya, ya mobilnya , ya memang wajib beli barang ini. Kalau beli yang lain apalagi beli impor, ya kebangeten," ujar Jokowi.

Mobil Dinas Presiden yang Baru dari Mercy

Disisi lain, saat ini Kementerian Sekretariat Negara memilih Mercedes Benz untuk pengadaan mobil dinas kepresidenan, dimana itu adalah mobil import.

Pabrikan asal Jerman itu akan menyiapkan dua mobil Mercedes-Benz S 600 Guard untuk kendaraan dinas baru Presiden Joko Widodo.

"Sesuai dengan hasil pengadaan, dari beberapa penyedia yang memasukkan penawaran, Kementerian Sekertariat Negara RI memutuskan Mercedes-Benz Indonesia untuk menyediakan dua unit mobil Mercedes-Benz S 600 Guard sebagai kendaraan keras VVIP Kepresidenan," kata Asisten Deputi Humas Kementerian Sekretariat Negara, Eddy Sugiarto, Kamis (22/8/2019).

Lalu apa Kata Jokowi, kalo masih beli mobil Presiden saja masih kendaraan Import? Nitizen pun berucap : Harusnya Mobil dinas Presiden Yah gunakan Esemka saja. (ut)