Gubernur Anies Baswedan : Hadapi Era 4.0 dan Jakarta Clean Air 2030, Kendaraan Listrik Harus Siap

TOKOH- 07 September 2019 | 08:32:37 WIB | Dubaca : 121
Gubernur Anies Baswedan : Hadapi Era 4.0 dan Jakarta Clean Air 2030, Kendaraan Listrik Harus Siap

Saat ini setiap pembangunan fasilitas jalan di Jakarta diprioritaskan untuk pejalan kaki, kedua untuk kendaraan bebas emisi, ketiga untuk kendaraan umum, dan terakhir baru kendaraan bermotor pribadi. Dengan prioritas ini, kita mengharapkan lebih banyak warga Jakarta menggunakan seminimal mungkin kendaraan pribadi, dan sebisa mungkin menggunakan kendaraan bebas emisi, seperti sepeda atau kendaraan elektrik.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkunjung ke pameran kendaraan listrik pertama di Indonesia, Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019. Kendaraan listrik merupakan sebuah masa depan, dan sudah harus didorong agar industri ini berkembang pesat di Tanah Air. Saat ini Transjakarta juga sedang mengoperasikan tiga bus listrik dalam tahap uji coba.

"Ke depan rencananya bus-bus Transjakarta yang baru akan menggunakan tenaga listrik. Menggantikan bus lama secara bertahap menggunakan bus listrik. Jadi di era 4.0 dan mempersiapkan Jakarta Clean Air 2030, kami ingin agar masyarakat lebih banyak lagi menggunakan bus listrik," ungkap Anies Baswedan di Jakarta (5/9/2019).

Sesuai Peraturan tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai telah ditandatangani, sehingga kini kendaraan listrik bisa memiliki TNKB dan STNK.

"Dari sisi kami, Pemprov DKI Jakarta akan memberikan insentif-insentif, seperti pengecualian dari ganjil genap. Kita akan siapkan regulasi lengkapnya," tutupnya. (tw)