Pembohongan Publik oleh Jokowi Selama Satu Periode Sebagai Mobnas,Dirut: Esemka Bukan Mobil Nasional

OTOMOTIVE- 07 September 2019 | 08:16:37 WIB | Dubaca : 234
Pembohongan Publik oleh Jokowi Selama Satu Periode Sebagai Mobnas,Dirut: Esemka Bukan Mobil Nasional

Apakah ini sebuah pembohongan Publik yang dilakukan oleh Jokowi Selama Satu Periode lebih yang menggadang-gadang bahwa Esemka adalah mobil nasional karya anak bangsa yang dibuat anak SMK? ternyata hal itu dipatahkan oleh pernyataan Dirut Esemka saat peresmiannya di depan Jokowi sendiri.

Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka), Eddy Wirajaya, angkat bicara soal isu mobil Esemka adalah mobil nasional. Eddy menegaskan, Esemka murni perusahaan swasta.

"Kami adalah perusahaan swasta nasional yang 100 persen dimiliki swasta dan kami bukan mobil nasional seperti yang dipahami orang selama ini," ujar Eddy.

Hal ini ia sampaikan saat acara peluncuran mobil dan fasilitas produksi Esemka di PT Solo Manufaktur Kreasi yang langsung dihadiri dan diresmikan oleh Jokowi di Jl Raya Demangan Km 3,5 Sambi-Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019).

Kapan Jokowi bisa jujur kepada rakyat Indonesia?

Jika ingin membahas Esemka yang baru diresmikan.Apakah benar karya anak bangsa,hanya merakit,kerjasama dgn changan atau masuk utuh dari cina (Built Up) dan hanya ganti logo

1.Jika ini karya anak bangsa:

Membuat mobil dari nol itu butuh waktu panjang,dari mulai perencanaan desain,membuat prototipe dan lainnya yang membutuhkan waktu bertahun-tahun. Selama ini kita tidak melihat proses di atas,tiba-tiba diresmikan. Tunjukkan ke masyarakat melalui media proses dari nol.
Yang juga jadi pertanyaan kenapa sama persis dengan mobil Changan dari cina. Kalau memang karya anak bangsa,harusnya ada foto-foto mesin pabrik. Ada yg tahu?

2.Jika ini rakitan:

Wajar saja kalau hanya merakit, karena membuat mobil dari nol tidak mudah. Kalaupun cuma merakit,tetap saja harus ada foto-foto mesin perakitan. Lebih baik jujur ke masyarakat

3.Kerjasama dengan Changan

Hal ini wajar kalau tujuannya jadi mobil nasional seperti proton dan timor.Yang akan diberi kemudahan dari pemerintah,diberi hak untuk memberi nama sendiri dan kemudian alih teknologi
Tapi sudah ditegaskan bukan mobnas berarti poin ini gugur

4. Masuk utuh dari cina (Built Up) hanya ganti logo

Kalau poin ini yang dilakukan wajar jik tidak ada foto mesin-mesin pabrik. Tapi jika BU harusnya kena bea masuk lebih besar.

Jadi poin yg mana sebenarnya?
Rakyat saat ini sudah pintar dan bisam menilai di bidang otomotif. Tentunya pakar-pakar otomotif akan lebih faham, Jadi sebaiknya jujur saja ke masyarakat:

"Esemka karya anak bangsa atau bukan?"

Ungkapan Nitizen Tentang Mobil Cangan yang disebut Esemka :

Jangan bodohi kami...
Perusahaan mobil China Changan Star Truck memang tidak tau malu, meniru karya anak bangsa indonesia dengan mencuri ide pembangunan mobnas ESEMKA, tidak tanggung-tanggung mereka meniru 99% karya anak bangsa yang sudah digadang-gudang oleh Jokowi sejak 2014.

Jangan bodohi kami....
Sudah seharusnya pemerintah serta rakyat indonesia bersatu untuk menuntut hak kita kepada china yang telah mencuri ide cemerlang anak bangsa, mari kita tuntut changan star truck agar mengganti rugi ide ESEMKA yang telah jiplak.

Jangan bodohi kami...(tw)