Istana di Rezim Jokowi Minta Dukungan AS untuk Jaga Kedaulatan Papua, Dimana Letak NKRI Harga Mati?

LIPUTAN KHUSUS- 03 September 2019 | 12:23:19 WIB | Dubaca : 146
Istana di Rezim Jokowi Minta Dukungan AS untuk Jaga Kedaulatan Papua, Dimana Letak NKRI Harga Mati?

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan bahwa Pemerintah Indonesia ingin meminta dukungan dari Amerika Serikat (AS) untuk menangani gejolak yang terjadi di Papua dan Papua Barat. Dia mengklaim AS juga sudah sepakat membantu Indonesia mempertahankan Papua.

Hal itu disampaikan Moeldoko usai menerima Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Serikat untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik David R. Stilwell, di Kantor Staf Presiden (KSP), Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (2/9).

"Yang sama-sama kami inginkan adalah kami juga ingin support (dukungan) Amerika atas kondisi yang terjadi di Papua. Dan beliau (David R. Stilwell) sangat support tentang kedaulatan," kata Moeldoko.

Sudah sebegitu parahkah pemerintahan di Rezim Jokowi hingga meminta negara lain untuk menjaga wilayah kedaulatan Indonesia? Dimana letak NKRI Harga Mati dan Pancasila yang digembar-gemborkan selama ini?

Mantan Panglima TNI itu berharap dukungan yang diberikan AS ini tak hanya yang bersifat diplomatik, tetapi juga dalam hal menjaga situasi keamanan. Moeldoko menyebut pada intinya AS sudah mau memberikan dukungan penuh kepada Indonesia dalam mempertahankan Papua.

"(Dukungan) dari segala sisi lah, dari sisi diplomatik, menjaga situasi bersama, karena kita sama-sama Amerika juga memiliki kegiatan di sana (Papua)," ujarnya.

Moeldoko menegaskan bahwa Papua bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ia meminta semua pihak tak meributkan soal desakan kemerdekaan Papua. (utw)