Keutamaan Puasa Arafah Jelang Idul Adha

MEGAPOLITAN- 10 Agustus 2019 | 08:04:01 WIB | Dubaca : 224
Keutamaan Puasa Arafah Jelang Idul Adha

Sehari sebelum Hari Raya Idul Adha, umat Islam disarankan untuk melakukan amalan sunah, puasa Arafah. Puasa sunah yang memiliki banyak keutamaan ini dimulai dengan niat lalu menahan diri dari yang membatalkan puasa hingga waktu Magrib.

Puasa Arafah sangat dianjurkan bagi umat Islam yang belum mampu atau tidak menjalankan ibadah haji di Makkah. Puasa ini dilakukan sehari sebelum Hari Raya Iduladha, yakni setiap tanggal 9 Zulhijah atau bertepatan dengan Sabtu, 9 Agustus 2019.

Nama puasa Arafah diambil dari rutinitas ibadah haji setiap tanggal 9 Zulhijah yakni melaksanakan wukuf di Padang Arafah.

Allah menjanjikan banyak keutamaan bagi setiap Muslim yang menjalankan puasa Arafah. Salah satunya adalah ampunan atas dosa-dosa.

"Puasa Arafah itu tanggal 9 Zulhijah. Siapa yang puasa Arafah diampuni dosanya setahun yang lalu dan setahun yang akan datang," kata ustaz KH Wahyul Afif Al -Ghafiqi, jelang Hari Raya Idul Adha.

Ini sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Muslim yang menyebut puasa Arafah dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.

Hari Arafah juga disebut sebagai hari pengampunan dosa dan pembebasan dari siksa neraka. (tw)