Ayo BerQurban, PKL Puri Cendana Tambun-Bekasi Akan Laksanakan Pemotongan Hewan Sapi Pada 12 Agustus

LIPUTAN KHUSUS- 06 Agustus 2019 | 06:41:08 WIB | Dubaca : 298
Ayo BerQurban, PKL Puri Cendana Tambun-Bekasi Akan Laksanakan Pemotongan Hewan Sapi Pada 12 Agustus

Setiap 10 Dzulhijah umat islam akan memperingati Hari Raya Idul Adha, tepatnya tahun ini jatuh pada tanggal 11 Agustus 2019.

Idul Adha diperingati sebagai peristiwa Qurban atau hari raya kurban.

Idul Adha berawal ketika Nabi Ibrahim yang bersedia mengorbankan putranya untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba.

Suasana Idul Adha semakin identik dengan hadirnya sejumlah tempat penjualan hewan Qurban baik sapi maupun kambing. Nantinya hewan-hewan tersebut akan disembelih pada saat hari H Idul Adha tiba.

Forum PKL Puri Cendana Sumber Jaya yang berlokasi di daerah Perum Puri Cendana, Tambun Selatan-Bekasi mengajak masyarakat untuk BerQurban Sejak dini.

"Kami dari forum PKL Puri Cendana Sumber jaya pada tanggal 12 Agustus 2019 akan melaksanakan pemotongan hewan Qurban yang dalam sejarah PKL 15 takun terakhir untuk diliput oleh pihak media, baru kali ini diadakan," ungkap Suryono salah satu penanggung jawab di forum PKL tersebut di Bekasi (1/8/2019).

Rencananya, Forum PKL Puri Cendana Sumber jaya akan melaksanakan penyembelihan hewan sapi untuk Qurban pada waktu,
Hari : Senin
Tgl. : 12 Agustus 2019
Jam : 08.00 wib
Lokasi : Perum Puri Cendana Tambun Selatan-Bekasi

Forum PKL Puri Cendana Sumber Jaya juga memberikan informasi panduan tentang tata cara penyembelihan hewan kurban sesuai dengan syariat islam, mulai dari lokasi, sarana, alat dan bahan.

1. Pada saat penyembelihan hewan kurban, lokasi tempat penampungan dan penanganan daging harus terpisah

2. Tempat penyembelihan haruslah diberikan pembatas atau penutup agar tak dilihat orang banyak maupun hewan Qurban lainnya

3. Sediakan pisau dan pengasahnya, untuk sapi panjang mata pisau minimal 30 cm, kambing/domba minimal 20 cm). Ketajaman pisau bisa dicoba dengan cara membelah kertas A4 secara vertikal maupun sekali tebas

4. Tersedia lubang penampungan darah dengan ukuran:
• Panjang x lebar untuk domba/kambing dan sapi/kerbau 0,5 m x 0,5 m (setiap 10 ekor hewan;
• Kedalaman 0,5 m untuk domba/kambing dan untuk sapi/kerbau 1,0 m (setiap 10 ekor hewan);

5. Tersedia penyangga kepala untuk memudahkan
penyembelihan, dapat terbuat dari balok kayu atau
bahan lain yang sesuai dengan ukuran ukuran 7 cm x 15 cm x 75 cm.

6. Lantai/alas tempat penyembelihan tidak licin dan tidak langsung menyentuh tanah.

7. Tali tambang dengan diameter minimal 2 cm;

8. Sarana air bersih yang cukup dan sabun untuk
membersihkan peralatan dan tangan

Selanjutnya memasuki proses persiapan penyembelihan, para petugas kurban harus memastikan hewan kurban tidak diberikan makan dalam kurun waktu 12 jam terakhir. Melainkan hanya sekedar minum saja yang diperbolehkan.

Kemudian bagi hewan yang baru tiba di lokasi penyembelihan diistirahakan terlebih dahulu sela tiga jam terakhir.

Selain itu, sebelum menyembelih, petugas harus memastikan hewan kurban sudah dalam posisi rebah yang benar agar memudahkan tiap proses penyembelihan. Kemudian baru mengikat kaki hewan namun tak menyakiti.

Dalam proses ini, petugas harus memastikan posisi ekor hewan terutama sapi/kerbau dalam posisi tak tertekuk dan tidak mendudiki hewan tersebut.

Selanjutnya, kepala hewan diletakan pada alat penyangga yang tadi telah dibuat.

Kemudian pisau diposisikan di bawah dagu (posisi tulang leher 1- 3 dan penyembelih membaca “Bismillahi Allahu Akbar”. Pada proses ini, penyembelihan dilakukan dengan memotong 3 saluran yakni pembuluh darah, saluran nafas dan saluran makan, sekaligus dengan sekali tarikan.

Lalu hewan dibiarkan, sampai darah tidak memancar lagi dan hewan benar-benar mati atau tidak ada refleks kornea dalam kurun waktu kurang lebih selama 2 menit.

Setelah itulah hewan Qurban bisa diproses untuk dikuliti atau dipilah dagingnya.

Ada ungkapan bahwa dalam BerQurban itu, "Disetiap Helai Bulu-Bulunya Terdapat Pahala" dan rencananya juga akan diliput langsung oleh SCTV dan ReportaseIndonesia.com. (utw)