Cara Mengelola Alokasi THR di Bulan Ramadan

EKONOMI- 01 Juni 2019 | 06:28:03 WIB | Dubaca : 125
Cara Mengelola Alokasi THR di Bulan Ramadan

Tunjangan Hari Raya atau THR selalu dinanti-nanti menjelang Lebaran oleh setiap karyawan.

Agar lebih bijak dalam menggunakannya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar alokasi THR di bulan Ramadan dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Alokasi untuk Zakat

Menjadi kewajiban bagi umat muslim di bulan Ramadan, sisihkanlah dana sebesar 5 persen dari THR untuk zakat fitrah yang wajib dibayarkan. Jika masih tersisa gunakan alokasi zakat untuk keperluan sedekah bagi mereka yang membutuhkan.

Alokasi Kebutuhan Lebaran

Kebutuhan Lebaran yang dimaksud disini adalah kebutuhan untuk membeli baju baru, bahan-bahan untuk sajian Lebaran, hingga dana THR untuk pegawai yang bekerja dengan kita dan uang Lebaran untuk sanak saudara.

Begitu banyaknya keperluan yang harus dibayarkan tak mengherankan jika alokasi kebutuhan Lebaran memakan persentase sebesar 50 persen dari dana THR.

Alokasi Mudik

Menjelang Lebaran, biasanya biaya membeli tiket transportasi dan bensin kendaraan meningkat sangat tajam. Oleh sebab itu, dari dana THR, alokasikan 20 persen untuk kebutuhan mudik.

Alokasi Tabungan dan Investasi

Menjadi pemasukan tahunan, tak ada salahnya menyisakan 10 persen dari dana THR untuk tabungan dan investasi. Dengan cara ini, uang THR tak hanya untuk dihabiskan begitu saja tapi membantu untuk mempersiapkan masa depan.

Alokasi Membayar Utang dan Keperluan Lainnya

Jika mempunyai utang dan dana THR masih tersisa, gunakanlah dana tersebut untuk membayar utang atau keperluan lain seperti membeli kebutuhan penting yang digunakan sehari-hari. (dn)