Pesan Anies untuk Pembat Kerusuhan : Anda Akan Berhadapan dengan Saya

TOKOH- 29 Mei 2019 | 04:18:35 WIB | Dubaca : 202
Pesan Anies untuk Pembat Kerusuhan : Anda Akan Berhadapan dengan Saya

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tampak geram dengan provokator yang mengadu-domba antara Pemprov DKI dengan polisi dan TNI. Menurut Anies, Jakarta adalah kota untuk orang yang ingin berkegiatan baik-baik dan tak ada ruang untuk perusuh.

"Anda mau datang melakukan kerusuhan, maka Anda akan berhadapan dengan saya, Pemprov DKI, kepolisian, dan TNI," ujar Anies di Mall AEON Cakung, Jakarta Timur, Sabtu, 25 Mei 2019.

Anies menjelaskan saat ini di media sosial tengah marak aksi adu domba antara TNI, Polri, dan Pemprov DKI. Tiga instansi itu, menurut dia, dinarasikan seolah-olah bermusuhan. Anies menyesalkan tindakan masyarakat tersebut.

Padahal, kata Anies, TNI, Polri, dan Pemprov DKI, yang tergabung dalam Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) sangat solid dalam memerangi perusuh. "Jadi tidak perlu mengadu TNI dengan polisi, Pemprov dengan polisi. Tipe-tipe seperti ini lah yang memecah kita, justru menurut saya jangan," ujarnya.

Dampak dari provokasi tak bertanggung jawab itu, kata dia, mengakibatkan bentrok antara aparat dengan masyarakat pada 22 Mei 2019. Bentrok itu terjadi usai Aksi 22 Mei di depan Gedung Bawaslu.

Aksi yang digelar massa pendukung calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto - Sandiaga Uno, itu sempat berjalan damai, hingga akhirnya berujung ricuh setelah sekelompok massa datang ke Bawaslu dan memprovokasi aparat. Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko mengatakan biang kerusuhan 22 Mei itu bukan dari kelompok pendukung 02.