Bawaslu Benarkan Temuan Surat Suara yang Sudah Tercoblos Paslon 01 di Malaysia, Tangkap Pelakunya

LIPUTAN KHUSUS- 12 April 2019 | 11:56:03 WIB | Dubaca : 153
Bawaslu Benarkan Temuan Surat Suara yang Sudah Tercoblos Paslon 01 di Malaysia, Tangkap Pelakunya

KPU dan Bawaslu bergerak bersama menelusuri temuan surat suara tercoblos di dua lokasi di Selangor, Malaysia. KPU dan Bawaslu akan menginvestigasi pelaku pencoblosan surat suara.

"Semua masih proses, karena saya minta laporannya yang detail jadi memang perlu klarifikasi terhadap beberapa hal. Saya mau tahu tempat itu tempatnya siapa? Surat suara itu apa benar surat suara yang dari KPU? Jumlahnya berapa banyak, kemudian siapa yang pertama kali menemukan kejadian itu? siapa yang membuat videonya? Kemudian siapa yang melapor ke Panwas luar negeri dan seterusnya, lalu apa juga sikap dari otoritas setempat," kata Ketua KPU Arief Budiman dalam jumpa pers bersama Bawaslu di gedung Bawaslu, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (11/4/2019).

"Kami masih menunggu Itu jadi mohon tidak mengambil kesimpulan sendiri sendiri tidak kemudian berpolemik ada kejadian seperti ini. Kami dan Bawaslu RI langsung berkoordinasi dan kami menindaklanjuti dengan cepat," imbuh Arief.

Tim KPU dan Bawaslu akan terbang ke Malaysia, Jumat (12/4). Bawaslu dan KPU akan mengklarifikasi langsung kepada Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kuala Lumpur.

"Pertama akan kami konfirmasi, selidiki, investigasi bersama KPU. Besok akan berangkat dari Bawaslu dan KPU tentang satu hal, surat suara disimpan di mana? Apa surat suara benar-benar dicetak KPU? Siapa melakukan (pencoblosan surat suara), dan lain-lain. Kami pastikan lagi dalam klarifikasi dan investigasi," ujar anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin dalam jumpa pers yang sama.

Temuan surat suara tercoblos sebelumnya diadukan ke Panwaslu oleh relawan PADI (Prabowo-Sandi). Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Yaza Azzahara Ulyana menyebut ada dua lokasi temuan surat suara tercoblos.

Lokasi pertama yakni di Taman Universiti Sungai Tangkas Bangi 43000 Kajang, Selangor.

Di lokasi ini, ditemukan surat suara dalam bag diplomatik, kantong plastik hitam dan 5 karung goni dengan tulisan Pos Malaysia. Sejumlah surat suara Pilpres tercoblos untuk paslon nomor urut 01, sedangkan surat suara Pileg tercoblos untuk caleg NasDem DPR nomor urut 3. (yd)