Tingkatkan Kesadaran Bela Negara, Kodam Jaya Berikan Motivasi Pada Kaum Muda Milenial

HIBURAN- 12 Maret 2019 | 07:45:04 WIB | Dubaca : 134
Tingkatkan Kesadaran Bela Negara, Kodam Jaya Berikan Motivasi Pada Kaum Muda Milenial

Upaya pembentukan karakter kebangsaan bagi generasi muda saat ini sangat penting untuk digiatkan, mengingat para generasi muda khususnya para pelajar harus memiliki tingkat kesadaran bela negara yang tinggi.

Hal ini disampaikan Kasdam Jaya/Jayakarta Brigjen TNI Suharyanto saat memberi sambutan pada kegiatan Motivasi Kebangsaan dan Bela Negara di Aula A. Yani Makodam Jaya, sebagai kolaborasi antara Kodam Jaya dengan PT Waskita Karya (Persero), Rabu (6/3/19).

Karenanya, Brigjen TNI Suharyanto yang mewakili Pangdam Jaya Eko Margiyono meminta para pelajar agar serius yang mengikuti acara tersebut. “Pada kesempatan ini, saya menghimbau kepada para peserta sekalian agar dapat mengikuti rangkaian kegiatan ini dengan serius, simak dan cermati dengan seksama materi yang diberikan, sehingga dapat bemanfaat bagi kita dan dapat diterapkan dalam pola prilaku kita sehari-hari,” ujar Kasdam Jaya.

Sementara, Sang Motivator dalam kegiatan ini, Director of Human Capital Management PT Waskita Karya (Persero) Tbk Hadjar Seti Adji, menuturkan, kegiatan semacam ini sudah berlangsung 9 tahun tepatnya pada Tahun 2010. “Tahun lalu, kita pernah melaksanakan kegiatan wawasan kebangsaan kepada generasi muda bersama dengan Kodam Jaya, sehingga tercetuslah kembali pemikiran untuk berkolaborasi lagi dengan Kodam Jaya,” jelasnya.

Hal ini menurut Hadjar karena PT. Waskita Karya tidak mempunyai tempat yang cukup dan keterbatasan teritorial. “Yang punya akses luaskan TNI, seperti Kodam Jaya, jadi kami memfasilitasi seluruh penyelenggaraan dan Kodam Jaya yang menentukan sasaran dan tempatnya,” lanjut Hadjar.

Ia menambahkan, pada Tahun 2017 kegiatan serupa rutin dilaksanakan dengan mengikuti program Panglima TNI yang mempunyai network dan jangkauan lebih luas karena bisa menyasar ribuan generasi muda di seluruh nusantara. “Program itu lebih sistematik, jadi saya lebih dari kepemikirian materinya dan strategi menyampaikannya,” tambah Hadjar.

Kedepannya, Hadjar berharap dirinya bisa memberikan materi serupa kepada anggota TNI khususnya kepada para Babinsa, sehingga materi tersebut bisa disampaikan Babinsa di lingkungannya masing-masing. “Tujuan kami adalah seperti multi level marketing, membagikan ilmunya kemudian dikembangkan, terus mengalir ke bawah, sehingga kedepan banyak sekali motivator Indonesia yang akan lahir dari program ini dan mewarnai generasi muda Indonesia menjadi lebih hebat,” harap Hadjar.

Pada kesempatan yang sama, Aster Kasdam Jaya Kolonel Inf Jacky Ariestanto menyampaikan bahwa kolaborasi antara Kodam Jaya dengan PT Waskita Karya tidak terbatas hanya dalam kegiatan ini, melainkan kedua belah pihak telah menjalin kesepakatan kerja sama dalam kegiatan bakti sosial dan bentuk kerja sama lainnya. “Saat ini pemberian motivasi kebangsaan dan bela negara memang masih kepada siswa SMA di Jakarta Timur, namun kedepan kita sudah canangkan kepada seluruh siswa SMA Sejabodetabek,” singkat Aster.

Turut hadir dalam kegiatan Motivasi Kebangsaan dan Bela Negara Director of Human Capital Management PT Waskita Karya (Persero) Tbk Hadjar Seti Adji, Waaster Kasdam Jaya Letkol Inf Mujib dan Senior Vice President Corporate Secretary PT Waskita Karya (Persero) Tbk Shastia Hadiarti. (utw)