Utang Indonesia di Mata Dunia Internasional

EKONOMI- 06 Februari 2019 | 05:33:54 WIB | Dubaca : 210
Utang Indonesia di Mata Dunia Internasional

"RASIO" UTANG yg nampak lebih kecil di graphik berbanding dgn PRODUK DOMESTIK BRUTO (PDB) itu artinya Ekonomi Indonesia Sedang dalam situasi memprihatikankan, memang benar Utang kita 30% dari PDB sedang Singapore 112% dari PDB.

Namun yg perlu kita Ketahui Singapore adalah NEGARA KREDITUR dan DEBITUR, singapore juga Memberikan UTANG (Kreditur) pada Indonesia dan negara2 Asean lainnya, dan Utangnya pemerintah Singapore (Debitur) itu kepada Rakyatnya dengan Bunga yg 0 koma.

Sedangkan Indonesia adalah Negara debitur (tukang NGUTANG) dan Utangnya sangat Membahayakan Negara krn Indonesia Berhutang pada ASING bukan pada rakyatnya dgn SUN / BOND dengan BUNGA SANGAT BESAR 8 - 16.3%, Sedangkan penghasilan dari EXPORT Indonesia sangat kecil dibandingkan IMPORT INDONESIA yg terlampau Besar, serta pendapatan PAJAK dalam negeri nya juga tidak pernah mencapai target krn banyak Industri Bangkrut dan menyebabkan Daya Beli Masyarakatnya TURUN sehingga Ekonomi negara tidak berputar, dan hal inilah yg menyebabkam UTANG NEGARA semakin BESAR jika dibanding tahun2 sebelumnya dan dibanding Utang pemerintahan sebelumnya. KITA BERHUTANG KRN BOKEK hingga utk Makan saja DEFISIT.

Sedang Duit Utang negara hanya digunakan UNTUK MEMBAYAR BUNGA UTANG dan BELANJA RUTIN spt apa yg ada didalam ANGGARAN APBN pemerintahan jokowidodo, belanja modalnya sedikit, dengan demikian Faktor RATIO UTANG Yg nampaknya Lebih kecil dari negara2 Asean lainnya ini aktualnya sangat MEMBAHAYAKAN NEGARA, selain Cadangan Devisa yg juga terus tergerus, dan Untung saja masih dibantu China dgn Debt swap hingga cukup membantu Cadev utk tetap bisa mengintervensi kenaikan DOLLAR AMERIKA.

Menurut surat kabar dari negara Inggris, utang Indonesia sudah sangat kronis dan banyak BUMN yang dijadikan sebagai jaminan utang yang sangat membahayakan negara Indonesia.

Ingat, Utang semua dalam Dollar jadi kenaikan Kurs Dollar menyebabkan UTANG NEGARA juga semakin Banyak.

Dan itu sebabnya Kemarin BANK BCA memberi peringatan keras kepada Pemerintah akan Utang yg sudah melampaui Batas diatas 92% saat ini LFR berada di 93% lebih tinggi dari petunjuk yg diberikan BANK INDONESIA, ini LAMPU MERAH.

Jadi Jangan mau disesatkan oleh pemerintah dan antek2nya buzzer2 medsos akan Graphik dibawah... seolah Indonesia masih baik2 saja krn "RASIO" UTANG nya nampak terkecil.

Narasumber : Ir.Wawat Kurniawan MSc (WeKa)