Kode Windows 10 Bocor di Internet

TEKNOLOGI- 26 Juni 2017 | 01:21:30 WIB | Dubaca : 672
Kode Windows 10 Bocor di Internet

Source code dari Windows 10 milik Microsoft telah bocor ke internet minggu ini.

File terkait USB, Storage dan WiFi di Windows 10 tersebut diunggah ke Beta Archive, situs para enthusiast untuk melacak versi Windows. File yang dibocorkan ini merupakan bagian dari Shared Source Kit milik Microsoft.

"Hasil tinjauan kami menunjukkan bahwa file tersebut memang merupakan bagian dari source code dalam Shared Initiative dan digunakan oleh OEM (Original Equipment Manufacturer) dan rekan kami," ujar juru bicara Microsoft dalam sebuah email.

The Register mengklaim, bocoran file ini memiliki ukuran 32TB dan menyebutkan bahwa kebocoran ini adalah skandal besar. Namun, The Verge menyebutkan bahwa kebocoran ini adalah masalah kecil.

Kebocoran ini memang akan membuat Microsoft malu, tapi source code ini sendiri sebenarnya telah dibagikan pada rekan, perusahaan, pemerintah dan pelanggan yang memilih untuk membeli lisensi melalui program Shared Source. File bocoran ini juga meliputi Windows 10 Mobile Adaption Kit, beberapa versi Windwos 10 Creators Update, dan beberapa versi dari Windows 10 berbasis ARM.

Pemilik Beta Archive mengatakan, source code yang diunggah ini hanya memiliki ukuran 1.2GB dan telah dihapuskan. Dalam email pada The Verge, Whyman mengatakan, Microsoft tidak memaksa Beta Archive untuk menghapus kode itu.

"Kami menghapus source code itu atas keputusan kami sendiri," ujarnya. 

Selama ini, Microsoft cukup sukses dalam mencegah kebocoran versi Windows 10 berkat program Insider mereka. Program tersebut memungkinkan para anggota mendapatkan versi awal dari sistem operasi terbaru. Sebelum ini, Microsoft secara agresif mengejar orang-orang yang membocorkan tentang Windows. (im)