RepubliKorp Tandatangani Kesepakatan Kerjasama Industri Pertahanan dengan Republik Ceko

KABAR HANKAM- 03 November 2022 | 15:05:34 WIB | Dubaca : 309
RepubliKorp Tandatangani Kesepakatan Kerjasama Industri Pertahanan dengan Republik Ceko

Bertempat di booth RepubliKorp, JI-Expo Kemayoran, telah disepakati penandatanganan kerjasama antara RepublikKorp Indonesia dan Excalibur Army Republik Ceko serta Tatra Defence Vehicle Republik Ceko.

Penandatanganan ini meliputi MoA Marketing and Integration License Agreement for the PATRIOT II 4×4 Vehicle dan MoA MRO Training and Facility Development for the Tatra Vehicle.

Kerjasama ini dilakukan oleh Norman Joesoef selaku Chairman dari Republik Korpora serta Mr. Daniel kana dari Excalibur Army dan juga Tatra Defence Vehicle.

Dalam sambutannya, Norman mengharapkan sinergi kerjasama yang solid, berkelanjutan dan saling mendukung dan menguntungkan untuk satu sama lain.

“Kami gembira karena kerjasama ini sebenarnya sudah dicanangkan sejak lama yakni dari 2018 dan bisa terwujud saat ini setelah pandemi,” ujarnya.

Selain itu kerjasama ini juga dihadiri dan disaksikan Wakil Menteri Pertahanan Republik Indonesia yaitu Letjend Muhammad Herindra. Dalam kesempatan tersebut Herindra menyampaikan dukungannya terhadap kesepakatan kerjasama ini dan mengharapkan kesuksesan di masa mendatang.

“Dari sisi pemerintah sangat mengapresiasi kinerja para perusahaan pendukung militer di Indonesia untuk terus mengembangkan sistem pertahanan yang baik seperti salah satunya kerjasama kedua belah pihak ini,” sebut Herindra.Begitupun Mr. Daniel Blažkovec, Deputy Minister of Defence of the Czech Republic juga menyampaikan hal yang serupa.

Peluncuran BRAMARA series dan Konta – Pelajaran dari perang Rusia-Ukraina

Perang Rusia-Ukraina yang sedang terjadi di Eropa telah menyebabkan disrupsi ekonomi di dunia, naik nya harga barang baku dan komoditas, serta gangguan rantai pasok. Menarik nya, perang yang sedang terjadi juga membuktikan bahwa disrupsi dapat juga terjadi pada teknologi persenjataan.
Penggunaan drone bersenjata menjadi bukti nyata bahwa teknologi dapat mengubah lanskap pertempuran.

Pada Indodefence Expo 2022, perusahaan lokal PT. Republik Defence (member of Republikorp) merilis seri senjata pesawat tanpa awak yang di beri nama Bramara (lebah – Sanskrit) dan KONTA. Munisi pintar yang berebasiskan drone ini dapat diluncurkan oleh tabung gas dan di gendong oleh seorang prajurit saja, memiliki berat kurang dari 20kg, senjata tanpa awak ini dapat terbang selama 30 menit dengan jarak 10km, dan memiliki daya ledak TNT hingga 2kg.

“Inovasi ini kami lakukan dengan dasar pembelajaran lapangan atas apa yang sedang terjadi di medan pertempuran Ukraina sekarang, sambut Norman Joesoef Founder PT. Republik Defence, “disrupsi teknologi yang terjadi adalah peluang ekspor buat kami yang bergiat di industry ini”, sambung nya.

Saat ini kami sedang mengembangkan smart loitering munition berkat hasil kerja sama dengan beberapa negara Eropa yang sedang memindahkan lini produksi mereka ke Indonesia, kami menerima kesempatan ini dengan profesionalitas tinggi dan dengan tangan terbuka”, tutup Norman.

Pada pameran Indodefence 2022, PT. Republik Defence memperkenalkan enam jenis pesawat nirawak yang bersenjata seperti KONTA 10/30/50. BRAMARA SERIES HE, 5.56 dan logistik. Saat kami bertanya seperti apa peluang yang dimaksud Norman hanya menjwab, “ini adalah masa depan pertempuran”. (tri)