HUT TNI yang Pertama 5 Oktober 1946, Dirgahayu TNI RI ke-77 TNI Adalah Kita

KABAR HANKAM- 05 Oktober 2022 | 08:42:59 WIB | Dubaca : 292
HUT TNI yang Pertama 5 Oktober 1946, Dirgahayu TNI RI ke-77 TNI Adalah Kita

5 Oktober 1946 Indonesia merayakan Hari Angkatan Perang yang pertama. Berikut adalah nukilan pidato Presiden Pertama RI saat itu:

"Kini Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara sudah kita bangunkan, meski belum sempurna. TKR telah menjadi TRI. TKR Laut menjadi ALRI. Tentara Republik Indonesia dan Angkatan Laut Republik Indonesia. Tapi juga: Tentara Revolusi Indonesia dan Angkatan Laut Revolusi Indonesia.

Mereka lahir dalam nyalanya berkobarnya api unggun Revolusi Indonesia, dan mereka mempertahankan Revolusi Indonesia. Sebagian dari anggota-anggota telah jatuh, gugur sebagai kusuma bangsa. Pada hari Angkatan Perang ini, saya menundukkan kepala sebagai pernyataan hormat dan terima kasih kepada mereka yang telah jatuh itu.

Berbahagialah, hai sekalian pahlawan dari Tentara dan bukan Tentara. Berdirilah tegak di tempatmu masing-masing! Dan sadarlah benar-benar akan kewajibanmu! Tentara tidak hanya berkewajiban menegakkan dan mempertahankan kemerdekaan Negara, tetapi sebagai tentara yang teratur, berdisiplin, berideologi, bersatu jiwa dan bangsa dan negara, juga berkewajiban menjadi persemaian elemen-elemen yang progresif dan konstruktif bagi pembangunan Negara".

DIRGAHAYU TNI RI ke-77, TNI Adalah Kita. (ut)