Pariwisata Kembali Berjaya, Menparekraf Rayakan World Tourism Day

TOKOH- 03 Oktober 2022 | 16:31:16 WIB | Dubaca : 240
Pariwisata Kembali Berjaya, Menparekraf Rayakan World Tourism Day

Indonesia resmi menjadi tuan rumah World Tourism Day atau Hari Pariwisata Sedunia yang digelar hari ini (27/09) di Bali, Indonesia. Keputusan ini telah disahkan pada tanggal 30 November 2021 ketika Sidang Majelis Umum ke-24 Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO) berlangsung di Madrid, Spanyol. Bertemakan Rethinking Tourism, ajang Hari Pariwisata Sedunia jadi salah satu pemicu kebangkitan pariwisata nasional yang mengarah ke pariwisata berkualitas dan berkelanjutan, serta berdampak positif ke lapangan pekerjaan dan komunitas sekitar.

OTA (Online Travel Agent) pertama di Indonesia, turut berkontribusi dengan melakukan serangkaian kegiatan berskala nasional dan internasional bersama para pemangku kepentingan pariwisata dalam rangka memanfaatkan momentum Hari Pariwisata Sedunia 2022 ini.

Dalam rangka selebrasi World Tourism Day 2022, tiket.com menjalankan serangkaian kegiatan baik tingkat nasional dan internasional. Di tingkat internasional, tiket.com ditunjuk oleh Kemenprekraf RI menjadi Official Travel and Transportation Partner World Tourism Day 2022 dalam ajang World Tourism Day 2022. Sebagai OTA yang customer centric - selalu fokus dan mengerti kebutuhan konsumen, tiket.com ditunjuk untuk memimpin para undangan delegasi internasional dalam kegiatan bertajuk “Magical Bali, Wonderful Indonesia Tour”, yang bertujuan mempromosikan wisata dan berbagi pengetahuan mengenai budaya Bali. Tur ini akan membawa delegasi untuk mengunjungi Desa Wisata Penglipuran (Kabupaten Bangli), menikmati keindahan alam di Kintamani dan hiburan Tari Kecak di Uluwatu sembari sunsetan. Mitra-mitra tiket.com seperti desa wisata, penyedia jasa transportasi darat, hingga atraksi tari Kecak turut menjadi bagian dalam tur yang telah dirancang sedemikian rupa oleh tiket.com bersama Kemenparekraf, sehingga mitra tersebut mendapatkan kesempatan promosi yang langka dan berharga karena dinikmati oleh rombongan delegasi internasional terpilih.

Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, berkata, “Masa-masa ini adalah waktu yang tepat untuk menggencarkan pembangunan pariwisata dengan kolaborasi dan kemitraan antara para pemangku kepentingan. World Tourism Day menjadi saksi pentingnya kolaborasi guna mencapai tujuan yang serupa, yaitu pemulihan industri pariwisata yang mantap dan berkelanjutan. Rethinking Tourism merupakan wadah sempurna untuk menyatukan ragam pemikiran dan mencari solusi cerdas guna memulihkan pariwisata nasional.”

“Dengan perayaan World Tourism Day ini, mari kita lanjutkan perkembangan melalui penyesuaian kebijakan untuk menghadapi tantangan di depan mata. Mari kita bangun kondisi sosio-ekonomi masyarakat secara komprehensif dengan tujuan peningkatan taraf hidup masyarakat, kebangkitan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja. Target kami adalah penciptaan 1,1 juta lapangan kerja di tahun 2022 dan 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024,” tegas Sandi.

Kemudian, di tingkat daerah juga akan melanjuti Multi Stakeholder Forum, sebuah lokakarya edukatif hasil kerjasama dengan Kemenparekraf RI bagi para pelaku, penggiat, dan pebisnis pariwisata di kota Samarinda dan sekitarnya, yang bertujuan memberikan edukasi dan keterampilan dalam mengoptimalkan usaha pariwisata dengan pemanfaatan pemasaran digital. Samarinda merupakan kota ke-lima tahun ini, dimana sebelumnya tiket.com sudah menggelar kegiatan ini di Belitung, Banyuwangi, Tanjung Bira, dan Bogor.

“Edukasi menjadi kunci utama dalam sambut pemulihan pariwisata secara optimal. Dengan pemberdayaan para pelaku usaha secara berkesinambungan, maka tema Rethinking Tourism yang bertujuan untuk pacu kebangkitan pariwisata nasional pun niscaya menjadi realita. Hari Pariwisata Sedunia menjadi momen sempurna untuk mengobarkan semangat semua pemangku kepentingan agar bahu membahu sambut potensi kebangkitan dunia pariwisata Indonesia,” ujarnya.

Sebagai bagian dari selebrasi World Tourism Day 2022 yang komprehensif, tiket.com mengajak Sobat Tiket merayakannya dengan menikmati diskon spesial Diskon Tanggal Muda World Tourism Day, dengan diskon hingga 50% dan ekstra diskon hingga Rp575.000 untuk semua produk (promo spesial domestik dan/atau internasional untuk penerbangan, akomodasi, dan tiket To-Do, tiket kereta api, transportasi darat domestik, Events, dan produk lainnya). Berlangsung selama 10 hari, program diskon ini telah mulai sejak 23 September dan akan berakhir pada 2 Oktober, yang dapat di akses di link. (tw)