Pemain Indonesia Sudah Seharusnya Banyak yang Bermain di Eropa

OLAH RAGA- 29 Juli 2022 | 06:38:39 WIB | Dubaca : 189
Pemain Indonesia Sudah Seharusnya Banyak yang Bermain di Eropa

Mantan pemain Timnas Indonesia yang juga pernah bermain di luar negeri, Kurniawan Dwi Yulianto ikut menanggapi hengkanya dua pemain Timnas Indonesia yang berkarier di Eropa, Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman.

Menurut Kurniawan, sebenarnya dua pemain ini belum tentu dianggap gagal bersaing di Eropa. Tapi menang standar sepak bola di eropa memang sangat tinggi. Jadi mungkin ini yang membuat dua pemain itu tidak mendapatkan tempat.

"Menurut saya pribadi dengan talenta yang ada sekarang sebenarnya mereka bisa bersaing dengan pemain-pemain yang ada di Eropa," kata Kurniawan ketika dihubungi oleh sportstars.id, Rabu (27/7/2022).

Meski begitu, pria yang kini melatih Como itu mengatakan ada beberapa hal yang harus diperbaiki oleh pemain-pemain Indonesia yang ingin bermain di Eropa. Salah satunya adalah mental bertandingan.

Namun mungkin jika memang pemain-pemain Indonesia bermain di Eropa dan mengikuti akademi disini besar kemungkinan pemain tersebut akan bisa bermain di Eropa.

"Tapi memang peluang itu akan lebih besar kalau mereka mulai belajar akademi sepak bolanya di Eropa. Jadi tidak hanya talenta tapi bagaimana mentalitas mereka, kemudian pola pikir mereka, lalu masalah individual tactical, kemudian unit dan grup tactical," ujar kurniawan.

"Karena menurut saya itu yang sangat mencolok perbandingannya dengan pemain kita. Kita tidak pesimis dengan pemain-pemain yang sudah masuk kategori dewasa, tapi memang agak lebih berat jika memang tidak dari muda di Eropa," pungkas Kurniawan. (ut)