DPP FBI Resmi Dikukuhkan

MEGAPOLITAN- 27 Juli 2022 | 00:41:47 WIB | Dubaca : 235
DPP FBI Resmi Dikukuhkan

Acara pengukuhan bendera ormas kepada ketua umum FBI (Forum Batak Intelektual), Leo Situmorang SH MH dihelat oleh ketua Dewan Penasehat FBI, Mayor Jendral TNI Purnawirawan, Sumiharjo Pakpahan di Ballroom Whiz Prime Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu, 24 Juli 2022.

Dewan Pimpinan Pusat (Forum Batak Intelektual) FBI resmi dikukuhkan. Pengukuhan DPP itu menjadi tonggak pengembangan FBI di seluruh Nusantara.

Ketua umum FBI, Leo Situmorang SH MH di acara 2 tahun FBI mengatakan acara pengukuhan yang dihadiri DPD, DPC sampai Ranting FBI dari seluruh Indonesia menjadi tonggak penting kehadiran ormasnya secara resmi yang sudah di akui pemerintah.

Leo juga meresmikan pengukuhan DPP DPC dan Ranting dengan mengalungkan kain adat Batak kepada para ketua dari daerahnya masing-masing dan kepada anggotanya dari seluruh Indonesia.

Leo menegaskan, ormasnya yang sudah terdaftar resmi di Kemenkumhan, dan mempunyai kader ribuan berkomitmen hadir untuk masyarakat yang membutuhkan, khususnya dibidang pelayanan pendampingan hukum.

"Kami sebagai organisasi sosial kontrol, jika ada masyarakat yang kesusahan atau membutuhkan, wajib disitu ada FBI karena kami sudah berkomitmen bersama-sama hadir, bukan saja hanya untuk orang Batak tapi untuk semua golongan masyarakat di Indonesia," tegasnya.

Leo menambahkan, ormasnya akan selalu ada untuk memberikan bantuan kepada siapapun namun secara intelektual, karena para kadernya yang datang memang kebanyakan dari orang-orang yang berprofesi sebagai pengacara.

“Kita konsisten mengembangkan ormas FBI di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). FBI harus berdiri di 34 Provinsi,” ujar Leo.

"Harapannya FBI setelah dua tahun akan lebih besar lagi, solid dan NKRI tetap Harga mati bagi kami," tandas Leo.

Sementara itu, dalam pidatonya di acara pengukuhan DPP FBI, Razman Nasution mengatakan, bahwa dirinya bersama Leo Situmorang akan menghadapi lawan-lawannya dengan cara terhormat.

Razman menegaskan, sebagai Ketua Dewan Penasehat, dirinya dan ormasnya tidak ingin lagi direndahkan oleh siapapun.

"Besok kalau ada yang masih mempertanyakan dan merendahkan martabat kader-kader FBI, maka akan dilawan dengan cara terhormat bukan dengan cara anarkis," ujar Razman.

Dalam acara juga menampilkan video pidato dari Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian yang diwakilkan oleh staf ahli bidang kemasyarakatan, Kemendagri, Togap Simangunsong. Dalam video beberapa menit yang disiarkan melalui layar besar di panggung, Mendagri mengharapkan FBI kedepan akan menjadi organisasi yang mumpuni dan mampu mengoptimalkan sumber dayanya oleh negara, serta mampu menjadi mitra strategis dalam pelaksanaan pembangunan.

"Pada prinsipnya, Kementerian Dalam Negeri mendukung organisasi masyarakat yang turut menjaga dan merawat keutuhan berbangsa dan bernegara," tegas Mendagri.

Acara ini berjalan sukses dan meriah dibuka dengan tarian adat Batak dan ritual yang dimulai pada pukul 17:30 wib. Setelah itu dilanjutkan dengan menyanyikan Indonesia Raya, menyanyikan lagu mengheningkan cipta dan mars FBI secara maraton. Selain itu diisi oleh penampilan grup band Kerispatih dan pedangdut Lia Calia. (sil)