Saran Pengamat Bola Senior untuk Timnas Indonesia

OLAH RAGA- 22 Juli 2022 | 08:02:04 WIB | Dubaca : 225
Saran Pengamat Bola Senior untuk Timnas Indonesia

Pengamat sepak bola M Kusnaeni merespons pernyataan PSSI dan tuntutan warganet di Indonesia agar keluar dari federasi sepak bola Asia Tenggara, AFF, dan bergabung dengan federasi sepak bola Asia Timur, EAFF.

Dia menilai, keluar dari AFF tidak akan banyak manfaatnya bagi Indonesia.

"Tuntutan keluar dari AFF itu gambaran kebiasaan netizen yang kadang kala reaktif menyikapi suatu masalah. Belum mempertimbangkan segala aspek secara komprehensif," katanya saat dihubungi, Selasa (19/7).

Selain berbicara soal keberadaan kompetisi yang lengkap, Bung Kus juga menyebut secara geografis posisi Indonesia cukup jauh dari induk benua Asia. Sehingga, bisa memberikan dampak ekonomi yang besar.

"Ikut kompetisi di Asia Timur akan sangat memberatkan. Apalagi untuk jenjang kelompok umur yang biasanya belum banyak didukung sponsor," tuturnya.

Bung Kus berharap PSSI bisa menyikapi tuntutan dari warganet dengan kepala dingin. Menurutnya, emosi sesaat memang wajar. Namun, jangan sampai berlanjut ke keputusan emosional yang bisa merugikan.

Jadi, sebaiknya, gunakan kepala dingin dalam menyikapi isu-isu seperti di Piala AFF U-19 kemarin. Emosi sesaat wajar, tapi jangan terus berlanjut ke keputusan emosional yang merugikan.

"PSSI juga sepatutnya berperan dan berinisiatif mengedukasi. Beri penjelasan yang logis dan mendidik. Jangan sekadar ikut arus untuk menyenangkan semua pihak," tegasnya. (tw)