Jangan Mencampur Pertamax dengan Pertalite, Performa Mesin Bisa Drop

OTOMOTIVE- 11 Juli 2022 | 06:28:49 WIB | Dubaca : 298
Jangan Mencampur Pertamax dengan Pertalite, Performa Mesin Bisa Drop

Kebijakan pemerintah menaikkan harga pertamax beberapa waktu lalu membuat banyak orang kemudian beralih ke Pertalite. Namun pembelian Pertalite kini dibatasi dengan aplikasi MyPertamina.

Bahkan, dalam waktu dekat, pemerintah akan melarang mobil bermesin di atas 2000 cc dan motor di atas 250 cc menggunakan Pertalite. Sebab mobil dan motor jenis ini dianggap tidak layak menenggak bahan bakar bersibsidi.

Pembatasan pembelian Pertalite ini membuat banyak orang mungkin berpikir untuk mencampur Pertamax dan Pertalite biar performa mesin terjaga namun kantong tetap aman. Sebab selisih RON antara kedua bahan bakar ini tidak berbeda jauh.

Pertamax memiliki RON 92 sementara RON Pertalite 90. Namun meski hanya selisih dua angka, kualitasnya jauh berbeda. Karena itu, mobil atau motor yang oleh pabrikan disarankan menggunakan Pertamax, sangat tidak direkomendasikan beralih ke Pertalite.

Sebab memaksakan diri menggunakan Pertalite bisa membuat mesin jebol. Kalau sudah begini, biaya perbaikan mesin pasti lebih mahal dibandingkan tetap menggunakan Pertamax. (tw)