Nikmati Kopi Turki yang Diseduh dengan Pasir Panas di Teratai Resto Hotel GP Mega Kuningan

GAYAHIDUP- 02 Desember 2021 | 09:17:05 WIB | Dubaca : 338
Nikmati Kopi Turki yang Diseduh dengan Pasir Panas di Teratai Resto Hotel GP Mega Kuningan

Bagi sebagian masyarakat, minum kopi sudah menjadi sebuah gaya hidup. Tak sedikit pula orang yang menganggap tradisi minum kopi berkiblat ke Amerika dan Australia. Padahal jauh sebelumnya, di kawasan Timur Tengah telah memiliki tradisi minum kopi yang eksis hingga saat ini. Salah satunya negara Turki.

Masyarakat Turki memiliki tradisi minum kopi yang tergolong unik. Jika kopi umumnya diseduh hanya menggunakan air panas, maka Turkish Coffee menyeduh kopi menggunakan pasir yang sangat panas. Masyarakat Turki menyakini panas dari pasir akan menghasilkan pemanas yang lebih konsisten daripada langsung dari api.

Turki merupakan salah satu negara Timur Tengah yang memiliki metode seduh tertua dalam sejarah penyeduhan kopi yang menggunakan pasir panas dan trend itu sudah masuk ke Indonesia yaitu di Teratai Resto, "ujar Vaness salah satu karyawan di Hotel GP Mega Kuningan-Jakarta Selatan, (1/12/2021).

Ciri khas dari metode seduh kopi ala Turki ini adalah menggunakan pot tembaga bernama cezva atau ibrik.

Alat untuk menyeduh kopi khas Turki tersebut berukuran kecil dengan dasar yang lebar, memiliki mulut yang sempit, dan pegangannya lebar.

Adapun cara membuat kopi Turki, kopi dituangkan melalui corong Ibrik dan diberi air. Aduk dengan sendok logam. Kemudian letakkan ibrik di pasir panas sedalam beberapa senti.

Para pengunjung di hotel GP Mega Kuningan bisa menikmati kopi ala Turki ini dengan pilihan jenis kopinya, Turki atau Arab. Pembeda terbesar antara kopi khas Turki dengan kopi khas Arab adalah rasa. (ut)