Peretasan Situs BSSN Dianggap Memalukan, Komisi I DPR RI Minta Pimpinan BSSN Dievaluasi

TEKNOLOGI- 28 Oktober 2021 | 08:10:34 WIB | Dubaca : 262
Peretasan Situs BSSN Dianggap Memalukan, Komisi I DPR RI Minta Pimpinan BSSN Dievaluasi

Peretasan terhadap situs Situs Badan Siber dan Sandi Negara menjadi perhatian khusus Anggota Komisi I DPR RI, Krisantus Kurniawan.

Krisantus mengatakan, peretasan itu harus menjadi bahan evaluasi bagi BSSN, karena lembaga BSSN ini sejatinya dibentuk untuk mendeteksi dan mencegah segala potensi serangan siber bagi keamanan aktivitas digital pemerintah dan aktivasi stretegis dari segala bentuk kejahatan siber.

Dia mengatakan, BSSN memiliki tugas untuk melaksanakan pemerintahan di bidang keamanan siber dan sandi untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan. Tapi sayangnya dengan adanya peretasan situs BSSN ini masih perlu ruang yang harus dibenahi.“Peretasan ini terjadi diduga kinerja dan program Badan Sandi dan Siber Negara saat ini dikelola oleh orang-orang tidak berkompetensi dibidangnya serta tidak memiliki profesionalisme. selain itu saya meragukan Kepala BSSN yang sekarang menjabat, tidak memahami teknologi dan kurangnya pengetahuan terkait dengan dunia siber,” ungkap Krisantus pada Selasa (26/10).

Krisantus menambahkan, namanya BSSN seharusnya harus update terhadap perkembagan dunia digital dan dunia siber, dan jika dilihat BSSN ini merupakan lembaga khusus yang tugasnya sangat spesifik sehingga harus fokus sesuai dengan bidangnya dan kemajuan teknologi. (tw)