Mobil Listrik Buatan Anak Bangsa ITS dan ITB Daftarkan Hak Paten, Apakah Mereka akan Dijegal?

OTOMOTIVE- 08 Oktober 2021 | 08:27:13 WIB | Dubaca : 188
Mobil Listrik Buatan Anak Bangsa ITS dan ITB Daftarkan Hak Paten, Apakah Mereka akan Dijegal?

Perguruan tinggi di Indonesia berlomba-lomba menciptakan teknologi kendaraan listrik. Terbaru, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) mendaftarkan paten desain mobil-mobil listriknya.
Desain mobil listrik bikinan ITS dan ITB itu mengusung bentuk SUV dan city car. Desain mobil listrik karya kampus ITS dan ITB terdaftar di Berita Resmi Desain industri No. 28/DI/2021.

ITB mendaftarkan satu paten desain mobil listrik berbentuk SUV, dan ITS mendaftarkan dua desain mobil listrik dengan bentuk SUV dan city car.

SUV listrik buatan ITS yang diberi nama i-Deora. Ini merupakan konsep Electric Compact SUV yang diharapkan menjadi kendaraan yang ramah lingkungan. Mobil ini memiliki kegunaan kendaraan Sport Utility Vehicle namun dengan dimensi yang compact, yang dapat digunakan untuk kebutuhan berkendara sehari-hari di dalam kota serta untuk keperluan luar kota dan petualangan offroad ringan.

Dalam siaran resminya, mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang tergabung dalam tim SACH-Molina dengan beranggotakan Muhammad Haekal Shafi, Ian Reyhan Junior, Fahreza Aji Taruna, Fikriyubi Fertomo, Rhema Agi Magiza, Muhammad Rumi Latif, Fahri Humaidi, Tengku Rafly Rizqulloh, Riqy Rizqyandra, dan Athaariq Ardhiansyah, memperkenalkan desain mobil listrik bergaya compact SUV yang disapa i-Deora.

"i-Deora dapat menjadi kendaraan pelepas penat di akhir pekan karena aman dan nyaman untuk digunakan. Melalui karya ini, kami ingin membuat suatu gebrakan terhadap dunia riset kendaraan listrik di Indonesia," ujar ketua tim Muhammad Haekal Shafi.

Seperti pengalaman terdahulu dan kejadian pahit yang dialami beberapa tokoh yang mencoba membuat mobil listrik nasional, yang terakhir adalah eks menteri BUMN Dahlan Iskan yang mencoba menggandeng ahli pembuat mobil listrik, saat mencoba membuat dan memperkenalkan mobil liatriknya, mereka dengan kejam dijegal dan difitnah oleh rezim penguasa saat ini.

Dan apakah ITS dan ITB mampu mencoba hal tersebut? Karena semua menyangkut kepentingan, jika tidak sesuai penguasa, maka akan dilibas dan otomotif di Indonesia masih dikuasai oleh mafia. Salam NKRI. (ut)