Rencana Grup Djarum setelah Akuisisi Saham Pengelola Ranch Market

EKONOMI- 03 Oktober 2021 | 10:08:54 WIB | Dubaca : 168
Rencana Grup Djarum setelah Akuisisi Saham Pengelola Ranch Market

Entitas Grup Djarum, PT Global Digital Niaga atau Blibli.com resmi mengakuisisi mayoritas saham emiten ritel PT Supra Boga Lestari Tbk. (RANC), yang mengelola Ranch Market, pada Kamis (30/9/2021).

Blibli telah menyelesaikan pengambilalihan dengan jumlah keseluruhan sebanyak 797,89 juta saham RANC atau sekitar 51 persen dari modal ditempatkan.

Blibli mengakuisisi kepemilikan dari 7 entitas pemegang saham RANC, yakni PT Wijaya Sumber Sejahtera, PT Prima Rasa Inti, PT Gunaprima Karyaperkasa, PT Ekaputri Mandiri, Dr. David Kusumodjojo, Suhamo Kusumodjojo, dan Harman Siswanto.

Pengambilalihan saham tersebut mengakibatkan perubahan pengendalian pada RANC. Saham-saham tersebut dibeli pada harga Rp2.550 per saham, sehingga total nilai transaksi pengambilalihan adalah sebesar Rp2,03 triliun.

Adapun, penerima manfaat dari Blibli adalah dua orang terkaya di Indonesia, pemilik Grup Djarum, yakni Robert Budi Hartono dan Bambang Hartono.

Sebagai akibat dari pengambilalihan, Blibli akan melaksanakan penawaran tender wajib sesuai dengan peraturan OJK no.9/2021.

Setelah memiliki 51 persen saham RANC, PT Global Digital Niaga mengharapkan sinergi tersebut dapat mempercepat solusi omnichannel kedua perusahaan.

CEO & Co-Founder Blibli Kusumo Martanto mengungkapkan harapan tersebut guna mengembangkan layanan pemenuhan kebutuhan sehari-hari dengan memberikan pengalaman ritel yang lengkap, terbaik secara online maupun offline kepada pelanggan.

"Sinergi kedua perusahaan yang didukung oleh kemampuan teknologi ini, diharapkan semakin mempercepat dan memperkuat solusi omnichannel kedua entitas,” papar Kusumo pada pernyataan resmi, dikutip Sabtu (2/10/2021).

Tidak hanya itu, melalui sinergi ini Kusumo mengatakan bahwa para pelaku UMKM yang merupakan rekanan penyedia produk di Ranch Market Group memiliki kesempatan untuk semakin memperluas distribusi produknya ke seluruh Indonesia melalui ekosistem teknologi dan bisnis Blibli.

Sebaliknya, kata Kusumo, mitra UMKM Blibli juga pada akhirnya mampu menambah saluran distribusi mereka, guna menyasar lebih banyak pelanggan loyal dari Ranch Market Group.

"Lebih lanjut, kesepakatan ini diharapkan dapat mengeksplorasi lebih banyak peluang untuk pengembangan usaha serta perluasan ekosistem bisnis yang solid bagi kedua belah pihak,” ujar Kusumo. (tw)