Kemendagri: Pengelolaan Dana Covid-19 Terbaik Se-Indonesia Adalah DKI Jakarta

MEGAPOLITAN- 04 September 2021 | 08:43:30 WIB | Dubaca : 185
Kemendagri: Pengelolaan Dana Covid-19 Terbaik Se-Indonesia Adalah DKI Jakarta

Dalam Negeri (Kemendagri) mengungkapkan anggaran yang disediakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk penanganan virus korona (covid-19) tercatat Rp 10,6 triliun.

Anggaran sebesar Rp 10,6 triliun merupakan hasil alokasi anggaran tertentu (refocusing) dan realokasi APBD. Hal ini sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pencegahan Penyebaran dan Percepatan Penanganan Covid-19 di Lingkungan Pemerintah Daerah.Dari anggaran Rp 10,6 triliun, Pemprov DKI mengalokasikan Rp 1,6 triliun untuk penanganan kesehatan. Lalu untuk penanganan dampak ekonomi sebesar Rp 1,3 triliun, jaring pengaman sosial sebesar Rp 325 miliar dan dana hibah (bantuan sosial) sebesar Rp 6,2 triliun.Lebih lanjut, Ardian mengatakan realokasi anggaran selain dari APBD, bisa diperoleh dari dana transfer.

Dan Kemendagri mengakui bahwa pengelolaan anggaran Covid-19 yang terbaik Se-Indonesia saat ini adalah DKI Jakarta karena dikelola secara transparan.

Dari awal Gubernur Anies Baswedan bersama jajaran Pemprov @DKIJakarta berkomitmen transparan terbuka dalam penanganan dan informasi tentang Covid 19 seluruhnya.

Hal ini wujud komitmen bersama dalam memprioritaskan upaya upaya percepatan penyelamatan dan penanganan Covid 19. (tw)