Gubernur DKI Jakarta Anies: Puskesmas Pilot di Unit Paling Depan dalam Sistem Kesehatan

LIPUTAN KHUSUS- 23 Juli 2021 | 06:15:07 WIB | Dubaca : 278
Gubernur DKI Jakarta Anies: Puskesmas Pilot di Unit Paling Depan dalam Sistem Kesehatan

Puskesmas adalah garda terdepan kita dalam penanganan pandemi COVID-19. Mereka inilah yang sehari-hari paling depan melayani warga, tantangannya tentu tidak sedikit, apalagi dalam beberapa minggu terakhir terjadi lonjakan kasus.

"Alhamdulillah, beberapa hari ini sempat bersilaturahim secara virtual dengan para kepala puskesmas di seluruh wilayah DKI Jakarta," ungkap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (23/7/2021)

"Kami ingin mendengarkan langsung curhatan teman-teman di lapangan, kendala apa saja yang selama ini dihadapi, harapan dan dukungan apa yang dibutuhkan dari Pemprov DKI Jakarta," lanjutnya.

Peran puskesmas selama pandemi amat vital dalam menjalankan 3T (testing, tracing, treatment), lalu beberapa bulan ini juga berperan sebagai vaksinator, juga harus mengurusi pemulasaraan jenazah. Banyak dari mereka yang akhirnya terpapar COVID juga, untungnya semua nakes di DKI Jakarta telah divaksinasi, sehingga lebih terlindungi.

Kini puskesmas juga banyak terbantu dengan banyaknya kolaborasi sentra vaksinasi, tambahan tenaga testing/tracer, dan bantuan relawan pemulasaraan di 42 kecamatan yang dilatih DMI (Dewan Masjid Indonesia).

"Terima kasih kepada Ibu/Bapak yang bertugas di puskesmas, jaga kesehatan, jaga stamina, jaga soliditas. Pastikan komunikasi kita terus terjalin baik, untuk mencari solusi. Ibu/Bapak adalah pilot di unit paling depan dalam sistem kesehatan kita. Sebarkan pesan optimis kepada warga yang dilayani, agar mendapatkan rasa tenang ketika melalui bersama masa-masa penuh guncangan ini," tutupnya. (utw)