Daftar Para Relawan Jokowi yang Jadi Komisaris BUMN

MEGAPOLITAN- 09 Juni 2021 | 10:02:52 WIB | Dubaca : 137
Daftar Para Relawan Jokowi yang Jadi Komisaris BUMN

Abdi Negara Nurdin atau yang lebih dikenal dengan Abdee Slank belakangan menjadi perbincangan publik. Sebab, ia baru saja diangkat oleh Menteri BUMN Erick Thohir sebagai komisaris independen di PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM).

Pengangkatan Abdee Slank sebagai komisaris independen Telkom menambah daftar panjang pendukung Jokowi ketika pemilihan presiden yang kini menduduki jabatan komisaris BUMN.

Pengangkatan Abdee Slank sebagai komisaris independen Telkom pun bersamaan dengan pengangkatan Bambang Brodjonegoro yang merupakan Mantan Menteri Riset dan Teknologi sebagai Komisaris Utama, serta Arya Sinulingga yang merupakan staf khusus Menteri BUMN sebagai komisaris.

Untuk lebih rincinya, berikut daftar relawan Jokowi yang menduduki posisi komisaris BUMN:

1. Fadjroel Rachman
Sosok Fadjroel Rachman sendiri merupakan wajah lama di lingkaran kekuasaaan. Saat Pilpres 2014 silam, dia sempat menjadi relawan pemenangan Jokowi. Lalu setahun setelah Jokowi memimpin di periode pertama, dirinya diangkat menjadi Komisaris Utama Adhi Karya.

2. Andi Gani Nena Wea
Menteri BUMN Erick Thohir kembali menunjuk Andi Gani Nena Wea menjadi Presiden Komisaris PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk atau PT PP.

3. Viktor S Sirait
Viktor S Sirait lebih dikenal sebagai Ketua Umum Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP). Saat Pilpres 2019 lalu, Viktor juga sempat menjabat sebagai Ketua Panitia Rapat Umum Relawan Jokowi. Bara JP adalah perkumpulan aktivis dari lintas profesi, akademisi dan pegiat demokrasi yang didirikan untuk mempelopori Jokowi, yang saat itu masih menjabat Gubernur DKI Jakarta, maju sebagai calon presiden di Pilpres 2014.

Bisa dibilang, Bara JP merupakan salah satu barisan pendukung pertama Jokowi sebelum Pilpres 2014. Di Pilpres 2019, relawan Bara JP juga kembali turun gunung memenangkan Jokowi mengalahkan pesaingnya Prabowo Subianto. Dikutip dari laman resmi Waskita Karya, Viktor sudah menduduki posisi komisaris di BUMN karya itu sejak April 2015 atau beberapa bulan setelah Jokowi menjadi presiden di periode pertama pemerintahannya.

4. Lukman Edy

Lukman Edy merupakan seorang politisi kawakan. Dia merupakan mantan Sekjen Partai PKB yang sempat menjabat sebagai Direktur Saksi Tim Kemenangan Nasional (TKN) Jokowi-Maruf.


5. Ulin Yusron
Ulin Yusron diangkat Kementerian BUMN sebagai komisaris di Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) atau PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero).

6. Eko Sulistyo
Kementerian BUMN mengangkat relawan Pilpres pemenangan Presiden Joko Widodo, Eko Sulistyo, sebagai Komisaris PT Perusahaan Listrik Negara (Komisaris PLN). Pengangkatannya sebagai komisaris BUMN ini tercantum dalam SK-330/MBMU/10/2020 tertanggal 9 Oktober 2020.

7. Dyah Kartika Rini
Menteri BUMN Erick Thohir mengangkat Dyah Kartika Rini sebagai Komisaris Independen PT Jasa Raharja (Persero). Hal itu diumumkan melalui akun Instagram resmi PT Jasa Raharja (Persero).

Menilik ke belakang, Dyah Kartika Rini berkontribusi pada pemenangan Presiden Jokowi pada Pilpres dan Pilgub DKI Jakarta. Dia adalah pendiri dari Jasmev yang merupakan akronim Jokowi Ahok Social Media Volunteer yang membantu pemenangan Jokowi dalam pemilu.

8. Kristia Budiyarto
Erick Thohir mengangkat Kristia Buiyarto sebagai Komisaris Pelni (komisaris independen). Kristia sendiri merupakan pegiat media sosial, khususnya di Twitter.

Di jagat dunia maya, Kristia Bidiyarto lebih dikenal dengan nama Kang Dede. Ia adalah pemilik akun @kangdede78 di Twitter yang sudah bercentang biru (terverifikasi) dan memiliki 99,5 ribu pengikut.

9. Arif Budimanta
Arif Budimanta merupakan politisi yang cukup aktif di kegiatan-kegiatan partai. Dalam organisasi kepartaian, Arif pernah menjadi Ketua DPP PDIP periode 2005-2010.

Ia pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Fraksi PDIP di MPR RI 2009-2013. Sebagai orang dekat Ketum PDIP, Megawati Soekarno Putri, namanya juga aktif sebagai Direktur Eksekutif the Megawati Institute.

10. Dwi Ria Latifa
Dwi Ria Latifa lebih populer sebagai anggota dewan periode 2014-2019 dari PDIP. Dwi Ria ditunjuk sebagai Komisaris Bank BRI dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2020.

11. Rizal Malaranggeng
Rizal Malarangeng ditunjuk sebagai komisaris PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk sejak Juni 2020. Adik Andi Malaranggeng ini tercatat sebagai penugasan khusus dalam tim kampanye nasional Jokowi-Maruf.

12. Zulnahar Usman
Bendara Umum Partai Hanura Zulnahar Usman didapuk mengisi posisi Komisaris Independen di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau Bank BRI.

13. Arya Sinulingga
Nama Arya Sinulingga lebih banyak dikenal sebagai Staf Khusus Menteri BUMN. Berdasarkan hasil RUPS Tahunan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM), Arya pun diangkat sebagai komisaris di perusahaan telekomunikasi pelat merah tersebut.

14. Dudy Purwagandhi
Dudy Purwagandhi saat ini tercatat sebagai Komisaris PLN. Dari rekam jejaknya, Dudy Purwagandhi pernah menjabat sebagai wakil bendahara III Tim Kampanye Nasional Jokowi-Maruf Amin di gelaran Pilpres 2019. (tw)