Menristek Ungkap Genose C-19 Jadi Game Changer Pariwisata

TEKNOLOGI- 11 Februari 2021 | 05:36:14 WIB | Dubaca : 361
Menristek Ungkap Genose C-19 Jadi Game Changer Pariwisata

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang PS Brodjonegoro menyerahkan alat deteksi Covid-19 GeNose C19 kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/ Kepala Baparekraf) Sandiaga Uno, Selasa (9/2/2021).

Menristek/Kepala BRIN mengungkapkan salah satu sektor paling terpukul pandemi Covid-19 adalah pariwisata. Upaya pemulihan ekonomi tentunya harus dimulai dengan penanganan pandemi Covid-19. Ia berharap Genose C19 digunakan secara luas dan dapat menjadi game changer dalam rangka mendukung kebangkitan kembali sektor pariwisata.

"Ini akan menjadi game changer dalam rangka membangkitkan kembali sektor pariwisata, karena saya percaya sektor ekonomi yang efek multiplayer paling besar itu adalah pariwisata. Sebab banyak sekali sektor yang akan mendapat manfaat dari adanya kegiatan pariwisata," jelas Menristek/Kepala BRIN dalam sambutannya di Gedung Sapta Pesona Balairung Soesilo Soedarman, Kemenparekraf.

Menteri Bambang mengingatkan protokol kesehatan tetap menjadi prioritas dalam kondisi pandemi saat ini dan pada waktu yang sama juga mulai melakukan langkah-langkah memulihkan perekonomian khususnya di sektor pariwisata. Diharapkan GeNose C19 bisa menjadi bagian dalam membantu mendorong pemulihan dan menggiatkan kembali sektor pariwisata di Indonesia.

"Kami berterima kasih kepada Kemenparekraf yang mempercayai Genose sebagai bagian dari upaya revitalisasi sektor pariwisata. Mudah-mudahan Genose bisa menjadi bagian dari solusi tersebut, atau kata lain dari bahasa kami di Kemenristek/BRIN yaitu inovasi muncul sebagai solusi," terang Menteri Bambang.

Menparekraf/Kepala Baparekraf Sandiaga Uno mengungkapkan 34 juta lapangan pekerjaan dan sekitar 12,9 juta sektor pariwisata serta 17 sampai 18 juta di sektor ekonomi kreatif terdampak Covid-19. Menteri Sandiaga Uno berharap dengan adanya Genose C19 mampu sebagai langkah awal pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

"Kita ada 6 PTNP (Perguruan Tinggi Nasional Pariwisata) dan 3 Badan Otorita yang semua satuan kerja di lingkungan yang akan kita pastikan menggunakan Genose. Sekali lagi saya garis bawahi ini adalah game changer, harapannya 34 juta masyarakat yang menggantungkan hidupnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa segera bangkit," ujar Menteri Sandiaga Uno.

Dalam kesempatan ini juga ditandatangani Berita Acara Serah Terima Alih Status Penggunaan GeNose C19 dari Kemenristek/BRIN kepada Kemenparekraf oleh Plt. Sekretaris Menteri Kemenristek/Sekretaris Utama BRIN Mego Pinandito dan Kepala Biro Umun dan Hukum Kemenparekraf Dessy Ruhati.

Turut hadir dalam dalam kegiatan ini Plt. Sekretaris Menteri Kemenristek/Sekretaris Utama BRIN Mego Pinandito, Plt. Staf Ahli Menteri Bidang Infrastruktur/Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 Kemenristek/BRIN Ali Ghufron Mukti, Staf Khusus Menteri Bidang Pendanaan dan Investasi Kemenristek/BRIN Ekoputro Adijayanto, Ketua Konsorsium Produksi GeNose C19 Eko Fajar Nur Prasetyo. Serta Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo yang hadir secara daring. (utw)