HUNGER AWARENESS MONTH ON JANUARY: 15 Clubs Bagikan Makanan & Masker

NASIONAL- 22 Januari 2021 | 14:54:01 WIB | Dubaca : 347
HUNGER AWARENESS MONTH ON JANUARY: 15 Clubs Bagikan Makanan & Masker

Lions Club sebuah wadah organisasi pengabdian kemasyarakatan berkomitmen meningkatkan kontribusi pemberdayaan para relawan untuk melayani masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat di tengah pandemi virus corona (Covid-19) dan 15 Lions Club membagikan makanan sehat dan masker.

Pandemi virus Corona atau Covid-19 mempengaruhi sendi-sendi sosial di masyarakat. Pandemi ini membatasi interaksi masyarakat dan membawa sebagian kelompok masyarakat terimpit dari sisi ekonomi. Pemerintah tidak bergerak sendiri. Masyarakat perlu bergandengan tangan untuk menyelesaikan persoalan ini.

Berbekal kepedulian kepada masyarakat dan Hunger Awareness Month yang jatuh pada 22 Januari 2021.

15 Clubs yang tergabung di Lions Club 307 A1 antara lain :
LCJP PS3I, LCJ Cendana, LCJThe Leaders,LCJ Mangga Dua Jaya, LCJ Jayakarta LCJKencana Kirana, LCJPuri Cengkareng, LCJPuri Indah, LCJ MH Thamrin, LCJP Magnolia,. LCJC Batavia, LCJC Lotus, LJP Flamboyan,LCJ Hayam Wuruk, LCJCFatahillah, Memberikan makanan sehat, masker kepada masyarakat sekitarnya dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah daerah setempat.

Lions Clubs Indonesia mengikuti program arahan dari Lions Clubs International yang saat ini ada lima fokus pengabdian utama.

Satu, pemberian makanan sehat bagi masyarakat yang membutuhkan. Program ini memberikan dampak yang luar biasa, khususnya selama pandemi Covid-19.

Kedua, lingkungan hidup (environment). Lions berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat menjaga lingkungan yang bersih, sehat, dan kesehatan melestarikkan kelangsungan alam bagi kehidupan.

Ketiga, bantuan terhadap penderita kanker anak (pediatric cancer). Lions Clubs bermitra dengan badan atau yayasan anak untuk membantu baik dalam hal nutrisi anak-anak, transportasi, rumah singgah, dan lainnya.

Keempat, program kesehatan mata (vision). Untuk peduli terhadap pemeriksaan dan operasi katarak, serta pemeriksaan dan pemberian kacamata bagi anak-anak sekolah.

Kelima, peningkatan kesadaran penyakit diabetes. Penyakit diabetes sudah merupakan penyakit nomor ke-6 tertinggi di dunia. Ini merupakan tantangan bagi Lions untuk menggerakan perhatian masyarakat akan diabetes dengan cara-cara pencegahan melalui edukasi, gerak badan, pemeriksaan, dan lainnya.

Kelima fokus pengabdian yang dikenal dengan Program 5 Pilar tersebut selalu menyatu dalam setiap kegiatan aksi sosial seperti Bencana Alam Gempa Bumi, Banjir, Longsor dan Kebakaran di seluruh keluarga besar Lions Clubs Indonesia

"Selama pandemi Covid-19, kami memahami kegiatan yang dilakukan oleh anggota Lions Clubs di seluruh Indonesia memiliki ruang gerak terbatas". Namun, beberapa kegiatan edukasi kepada masyarakat tetap berjalan dengan virtual.

Kami para relawan Lions Club akan terus terjun ke lapangan langsung bilamana ada dibutuhkan oleh Masyarakat. (ut)