Cara Pindah dari WhatsApp Tanpa Harus Kehilangan Data dan Chat

TEKNOLOGI- 21 Januari 2021 | 03:44:44 WIB | Dubaca : 210
Cara Pindah dari WhatsApp Tanpa Harus Kehilangan Data dan Chat

Pengguna WhatsApp berbondong-bondong pindah ke aplikasi messaging lain karena khawatir akan kebijakan privasi terbarunya. Tapi proses pindah dari WhatsApp tidak sekedar mengunduh aplikasi lain dan membuat akun baru.

Sebelum meninggalkan WhatsApp dan beralih ke Signal, Telegram atau aplikasi messaging lainnya, ada baiknya pindahkan semua data dan riwayat percakapan kalian. Apalagi untuk kalian yang sudah lama menjadi pengguna WhatsApp dan menyimpan banyak informasi pening.

Berikut cara mudah menghapus akun WhatsApp tanpa harus kehilangan semua data dan riwayat percakapan:

1. Pindahkan semua data dan percakapan

WhatsApp menawarkan dua cara untuk menyalin semua data pengguna yang ingin menghapus akunnya yaitu dengan mengunduh semua informasi akun dan mengekspor semua percakapan.

2. Hubungkan WhatsApp di HP Lama Dengan Google Drive

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah menghubungkan WhatsApp dengan akun google. Caranya masuk ke menu Setting > Chats > Chat backup > Account. Login dengan akun google kalian, lalu pilih Allow (izinkan).

3. Backup Chat

Setelah WhatsApp di HP lama terhubung dengan google drive. Langsung saja tekan BACK UP. Nanti secara otomatis semua pesan di WA lama akan terupload di google drive.

4. Backup Kontak

Karena kita akan memindahkan kontak dari HP lama ke HP baru juga, maka kontak di HP lama harus di backup dulu. Kalian bisa gunakan aplikasi Super Backup & Restore, bisa diinstall dari playstore. Setelah diinstall jalankan aplikasinya, pilih Contacts > Backup All.

5. Upload Kontak ke Google Drive

Kontak yang sudah di backup menggunakan aplikasi Super Backup & Restore bisa langsung kita upload ke Google Drive. Jadi nanti bisa dengan mudah kita load kembali di HP yang baru. Masih di aplikasi Backup & Restore pilih Contacts > Send To Cloud > Pilih file kontak yang sudah di backup tadi (file dengan ekstensi .vcf) > Send to Google Drive.
Jika diminta permission pilih allow.

6. Install WhatsApp dan Google Drive

Setelah chat WA dan kontak kita backup dan upload ke google drive, maka urusan kita dengan HP yang lama sudah selesai. Selanjutnya di HP baru langsung saja install WhatsApp dan aplikasi Google Drive dari playstore. Login WhatsApp dan login google drive menggunakan akun google yang kita pakai sebelumnya.

7. Restore Chat WhatsApp di HP Yang Baru

Login akun WhatsApp di HP baru, nanti akan ada pilihan untuk restore file dari Google Drive. Pilih restore dan login dengan akun google yang tadi kita gunakan. Jika ada diminta permission pilih Allow. Proses restore akan memakan waktu selama beberapa menit.

8. Restore Kontak di HP Yang Baru

Buka aplikasi Google Drive, lalu download file kontak yang sudah kita backup tadi. Buka file explorer di HP tempat file kontak yang sudah didownload tadi tersimpan, lalu tekan satu kali untuk memuat kembali kontak ke dalam HP yang baru. Selesai.

Jika kalian memiliki chat-chat penting di WhatsApp yang ingin tetap disimpan, maka bisa juga dengan melakukan backup otomatis secara berkala.

Caranya dengan memilih Settings > Chats > Chat Bakcup > Backup to Google Drive > Pilih Weekly (mingguan) atau Monthly (bulanan).

Tujuannya adalah jika sewaktu-waktu terjadi error pada hp maka kita sudah punya cadangannya di Google Drive yang bisa kita kembalikan dengan mudah. (tw)