PT. Chandra Asri dan Lions Club Indonesia Gelar World Cleanup Day 2020

LIPUTAN KHUSUS- 21 September 2020 | 20:06:59 WIB | Dubaca : 235
PT. Chandra Asri dan Lions Club Indonesia Gelar World Cleanup Day 2020

PT. Chandra Asri bersama Lions Club Indonesia Distrik 307 A1 melakukan World Cleanup Day 2020 dengan Konsep Kita Pilah sampah dari rumah yang digelar di 100 lokasi di enam wilayah DKI Jakarta pada Sabtu, 19 September 2020.

"World Cleanup Day 2020 mengusung Tema Pilah Sampah dari Rumah dimana masyarakat melakukan pemilahan sampah dari rumah kemudian dikumpulkan dan dibawa ke Bank Sampah untuk ditimbang. Hasil dari penimbangan ini akan dikembalikan ke masyarakat baik berupa dana atau berupa barang seperti tempat sampah atau bentuk lainnya. Sekitar 100.000 kepala keluarga di 100 lokasi yang tersebar di 6 (enam) wilayah di DKI Jakarta terlibat dalam aksi ini," ujar Novi Awati, Ketua Panitia World Cleanup Day 2020 di Jakarta (19/9/2020).

Kegiatan World Cleanup Day 2020 terselenggara dengan baik karena adanya kolaborasi antara PT. Chandra Asri, Lions Club Indonesia Distrik 307 A1, Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI), dan Asosiasi Bank Sampah Seluruh Indonesia (ASOBSI).

"Kami akan selalu aktif dan bekerjasama untuk program Peduli Lingkungan salah satunya adalah program World Cleanup Day. Kegiatan ini dapat mengedukasi kepada masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah dari rumah, agar dapat meminimalisir pembuangan sampah ke TPA, dan mempermudah daur ulang. Semoga semakin hari pengolahan sampah didaerah semakin baik, dan kesadaran masyarakat terhadap sampahnya sendiri semakin meningkat, guna Mendukung Program Pemerintah Menuju Indonesia Bersih 2025," ujar Edi Rivai sebagai Vice President PT. Chandra Asri.

Sampah plastik dan sampah kemasan harus dipilah agar mudah dalam proses pemanfataanya dan tidak semua sampah plastik bisa didaur ulang.

"Kegiatan ini sangat baik karena bisa memberi pemahaman terhadap masyarakat bahwa plastik harus dipisahkan dan dianggap sebagai bahan baku/komoditas karena bisa didaur ulang. Contohnya, PET yang banyak digunakan sebagai bahan baku produk plastik seperti kemasan botol dan galon air minum merupakan komoditas yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan bisa didaur ulang menjadi bahan yang bernilai tinggi seperti biotekstil, pakaian, bahkan bisa dikembalikan menjadi botol kembali," ujar Ketua Umum ADUPI, Christine Halim.

Harapan kegiatan World Cleanup Day 2020 masyarakat di Indonesia semakin sadar akan pentingnya memilah sampah dari rumah dengan tepat antara sampah organik dan sampah non
organik agar memudahkan pihak pengelola bank sampah maupun pendaur ulang dalam memanfaatkannya. (utw)