Kementerian PUPR Berikan Pelatihan RISHA untuk Anggota Koperumnas

NASIONAL- 08 Agustus 2020 | 13:36:24 WIB | Dubaca : 399
Kementerian PUPR Berikan Pelatihan RISHA untuk Anggota Koperumnas

Puluhan anggota Koperasi Konsumen Perumahan Umum Nasional Syariah (Koperumnas) mengikuti pelatihan pembuat panel struktur Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) Angkatan I oleh Balai Jasa Konstruksi Wilayah III Jakarta Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pelatihan ini dipusatkan di Komplek Perkantoran Bersama Kementerian PUPR, Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, 5-11 Agustus 2020.

Selama pelatihan, sebanyak 20 anggota Koperumnas diberikan materi seputar pengetahuan tentang peraturan-peraturan dunia konstruksi, prosedur kerja K3, komunikasi di tempat kerja, teknik dan praktek pembesian, teknik dan praktek pengecoran, hingga uji tulisa dan uji wawancara.

General Manager Koperumnas, Diah Kusuma Putri Muda, menegaskan, diikutsertakannya anggota Koperumnas dalam pelatihan pembuat panel struktur RISHA di PUPR ini selain bentuk pengabdian kepada NKRI juga sebagai bentuk tanggung jawab Koperumnas dalam menjaga mutu pembangunan rumah dan memastikan agar anggota Koperumnas menerima rumah yang berkualitas bagus.

D.K. Putri Muda mengemukakan bahwa pembangunan perumahan Koperumnas di seluruh Indonesia akan menggunakan teknik RISHA, termasuk yang sedang dan sudah diterapkan di lokasi perumahan Koperumnas di Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor.

"Kami akan duplikasikan sistem RISHA ini di seluruh Indonesia sebagai bentuk pengabdian kami dan ladang amal ibadah kami membangun Indonesia. Kami adalah pionir rumah pracetak dan bisa membangun rumah puluhan ribu unit secara mandiri tanpa bantuan pemerintah," ungkapnya di Bogor (5/8/2020). (utw)